Pelepasan Ekspor UMKM Yogyakarta, Mendag Sebutkan Pelaku Bisnis Sukses Bukukan Cuan 7.000 Dolar AS
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan melihat koleksi produk home decor CV Palem Craft di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (6/7/2024) [ANTARA/Hery Sidik].
13:49
6 Juli 2024

Pelepasan Ekspor UMKM Yogyakarta, Mendag Sebutkan Pelaku Bisnis Sukses Bukukan Cuan 7.000 Dolar AS

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah peluang pasar yang memiliki lingkup luas. Mulai nasional, regional seperti tingkat ASEAN, hingga skala global atau internasional. Salah satu contohnya bisa disimak dari kegiatan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan.

Dikutip dari kantor berita Antara, pada Sabtu (6/7/2024), Mendag melakukan pelepasan ekspor produk dekorasi dari salah satu UMKM di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tujuannya adalah benua Eropa, ke negara Spanyol.

"Lumayan ini nilainya 7.000 dolar Amerika Serikat (AS). Bahkan perusahaan ini sejak Januari sampai Juni sudah melakukan ekspor dengan nilai 245 ribu dolar AS," jelas Mendag Zulkifli Hasan tentang ekspor produk dekorasi  CV Palem Craft di Bantul.

Perusahaan home decoration CV Palem Craft adalah milik Deddy Effendi dan sudah sukses mengekspor produknya ke Chile. Untuk itu pemerintah akan terus mendorong agar nilai ekspor semakin ditingkatkan.

Baca Juga: Target Transaksi Rp 1 T, Intip Peluang Bisnis dan Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lewat IFBC di Bandung

Selain itu, pemerintah terus mendukung upaya perluasan perdagangan dari pasar tradisional, juga ke pasar nontradisional, seperti tujuan negara-negara ASEAN.

"Kami memiliki komprehensive economic partnership, ASEAN menjadi satu sehingga bebas biaya. Juga ke pasar besar, ada Asia Selatan, India, Pakistan, Bangladesh, Mesir dan lain-lainnya adalah tujuan pasar yang besar," ujar Zulkifli Hasan.

Selain Chile dan Spanyol, UMKM Palem Craft Yogyakarta sebelumnya juga sudah membukukan pengiriman ke Prancis, Turki, Belgia, Yunani dan banyak lagi.

"Dan beberapa negara-negara di ASEAN, seperti Filipina, dan Thailand. Kemudian lainnya adalah Korea Selatan. Produk-produk kerajinan yang kami ekspor lampu, cermin dan dekorasi," tutup Deddy Effendi.

Baca Juga: 25 Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Disnakertranskopumkm, Apakah Itu?

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #pelepasan #ekspor #umkm #yogyakarta #mendag #sebutkan #pelaku #bisnis #sukses #bukukan #cuan #7000 #dolar

KOMENTAR