Maskapai Penerbangan Tambah Rute ke Labuan Bajo, Sektor Ekraf Makin Melejit
Destinasi wisata Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Sebaai ilustrasi [ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj]
14:42
4 Juli 2024

Maskapai Penerbangan Tambah Rute ke Labuan Bajo, Sektor Ekraf Makin Melejit

Mulai hari ini, Kamis (4/7/2024) sampai 14 Juli 2024, telah dibuka pemesanan online atau daring penerbangan Airasia dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lengkapnya ada dua rute penerbangan internasional, yaitu Kuala Lumpur-Labuan Bajo, dan Singapura-Labuan Bajo.

Dikutip dari kantor berita Antara, berdasarkan rilis website resmi Airasia Malaysia, rute baru jurusan Kuala Lumpur-Labuan Bajo akan terbang per 3 September 2024.

Ayodhia Kalake, Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur menyatakan bahwa maskapai penerbangan AirAsia membuka dua rute penerbangan internasional dari dan ke Labuan Bajo untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di kawasan itu.

Baca Juga: Festival Mini Titik Kumpul 2024, Penggerak Ekonomi Kreatif di Flores Timur Bukukan Cuan Menarik

"Pagi tadi saya baru dapat informasi bahwa AirAsia akan membuka dua rute penerbangan internasional ke Labuan Bajo," papar Ayodhia Kalake di Kupang, Kamis (4/7/2024), usai meresmikan Rapat Koordinasi Asosiasi Perusahaan Penjamin Daerah (Aspenda) 2024.

"Pastinya, penerbangan akan berlangsung. Saya dapat info dalam tahun ini," lanjutnya.

Disebutkan Ayodhia Kalake, bahwa pembukaan rute baru dan langsung ini hendaknya bisa dimanfaatkan sebagai suatu kekuatan dan potensi ekonomi dan pariwisata atau ekraf.

Pembukaan rute ini membuka kesempatan bagi seluruh Pemerintah Daerah atau Pemda.

Ayodhia Kalake menilai bahwa dengan pembukaan rute pesawat itu, bakal membuka kesempatan bagi seluruh pemda untuk mempromosikan potensi pariwisatanya ke seluruh dunia.

Baca Juga: Indonesia Catat Kunjungan Turis Asing Tertinggi 4 Tahun Terakhir: Durasi Tinggal Lebih dari Sepekan

Semua tergantung pemerintah daerah, apakah mau bekerja atau tidak untuk mempromosikan sektor pariwisata.

"Makanya saya selalu mendorong para bupati dan wali kota agar menyiapkan diri dan daerahnya untuk mengembangkan sektor pariwisata, tidak hanya nasional namun internasional," lanjut Ayodhia Kalake.

"Makanya saya selalu mendorong para bupati dan wali kota agar menyiapkan diri dan daerahnya untuk mengembangkan sektor pariwisata, tidak hanya nasional tetapi internasional," pungkasnya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #maskapai #penerbangan #tambah #rute #labuan #bajo #sektor #ekraf #makin #melejit

KOMENTAR