Masyarakat Biasa Tak Bisa Mendarat, Bandara VVIP IKN Hanya untuk Orang Penting
Ilustrasi Pembangunan Bandara IKN/(Dokumentasi Kemenhub).
15:00
2 Juli 2024

Masyarakat Biasa Tak Bisa Mendarat, Bandara VVIP IKN Hanya untuk Orang Penting

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) hanya untuk penerbangan orang-orang penting. Bandara tersebut ke depan juga tidak melayani penerbangan komersial.

Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Sigit Hani Hadiyanto menyebut, dengan alasan itu, hingga kini bandara tersebut belum memiliki kode bandara dari IATA, seperti bandara-bandara lainnya.

Namun, dia bilang, Bandara itu tetap memiki nama yaitu Nusantara Airport.

"Oh, enggak. Bandara khususnya emang disiapkan untuk melayani kegiatan VVIP di IKN. Yang jelas, saat ini bandaranya statusnya adalah bandara VVIP," ujar Sigit di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Kemenhub Minta Semua Pihak Jangan Anggap Remeh Profesi Pelaut, Bisa Kontribusi ke Ekonomi

Kekinian, dia memaparkan, progres pembangunan Bandara IKN hampir setengah jalan. Namun, Sigit memastikan pengoperasian Bandara IKN sesuai target.

"Progresnya (pengerjaan bandara VVIP IKN) kalau kami nggak salah sudah mencapai sekitar 40-50 persen," jelas dia.

Adapun, tambah Sigit, Bandara IKN akan siap beroperasi sebelum upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia di bulan Agustus.

"Ini masih terus berprogres, Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) bahkan dalam setiap kesempatan selalu bergerak ke sana. Jadi, memang kita terus upayakan sesuai dengan target bahwa itu bisa fungsional di 1 Agustus untuk kegiatan paling dekat 17 Agustus," pungkas Sigit.

Baca Juga: Kemenhub Duga Penyebab Kapal Pinisi di Labuan Bajo Imbas Terseret Ombak

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #masyarakat #biasa #bisa #mendarat #bandara #vvip #hanya #untuk #orang #penting

KOMENTAR