Tugas Baru Eks Kepala Otorita IKN Bambang Susantono: Datangkan Investasi Asing ke IKN
Bambang Susantono. [Ist]
15:15
13 Juni 2024

Tugas Baru Eks Kepala Otorita IKN Bambang Susantono: Datangkan Investasi Asing ke IKN

Bambang Susantono tetap bekerja di pemerintahan setelah mengundurkan diri dari Kepala Otorita IKN. Dirinya pun telah mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Utusan Khusus Presiden Untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Jabatan itu diemban Bambang Susantono, setelah Jokowi menandatangani Keputusan Presiden Nomor 39/M Tahun 2024, tentang pengangkatan tersebut.

Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan, tugas Bambang Susantono tetap berkaitan dengan IKN, khususnya untuk mendatangkan investasi asing ke IKN.

"Jadi, membantu pelaksanaan market sounding pembangunan IKN dalam pertemuan ekonomi bilateral maupun internasional," ujar Ari dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (13/6/2024).

Baca Juga: Proyek Kebanggan Jokowi Terancam Mangkrak, Investasi Asing Nihil dan APBN Mulai Ngos-ngosan

Selain itu, Bambang juga mendapatkan tugas untuk mengawal kerja sama internasional dalam pembangunan IKN.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut sampai saat ini belum ada asing yang ingin berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Menurutnya, pembangunan di IKN kebanyakan investadi dari pengusaha dalam negeri.

Adapun, investasi yang dikeluarkan pengusaha dalam negeri untuk pembangunan IKN mulai dari rumah sakit hingga hotel.

"Investasi yang masuk di IKN sekarang pada tahap pertama itu adalah investasi PMDN semuanya. Belum ada PMA (Penanaman Modal Asing) yang melakukan groundbreaking," ujar Bahlil dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR yang dikutip, Kamis (13/6/2024).

"Kemarin saya baru pulang dari sana, seminggu lalu. Hotel sudah hampir jadi. Rumah sakit sudah hampir jadi. Beberapa gedung-gedung untuk sarana-persarana mendasar juga sudah hampir jadi. Dan itu adalah investasi semuanya dari dalam negeri, di luar dari APBN," sambung dia.

Baca Juga: IKN Sepi Peminat Asing, Investasi Triliunan Rupiah Ternyata Cuma dari Dalam Negeri

Mantan Ketua Umum Hipmi ini mengungkapkan, investasi dari dalam negeri yang terakhir kali masuk untuk IKN yaitu berasal dari Grup Bakrie yang bekerja sama dengan Pertamina.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #tugas #baru #kepala #otorita #bambang #susantono #datangkan #investasi #asing

KOMENTAR