Realisasi Komitmen Apple di Indonesia: Bali Jadi Lokasi Investasi
CEO Apple Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu di Istana Negara pada Rabu (17/4/2024) [Suara.com/Novian]
15:43
3 Mei 2024

Realisasi Komitmen Apple di Indonesia: Bali Jadi Lokasi Investasi

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa perusahaan teknologi Apple tertarik berinvestasi di Indonesia. Khususnya di sektor pengembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kemudian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menepis isu mengenai batalnya komitmen investasi Apple di Indonesia.

Dikutip dari kantor berita Antara, Menkominfo menyatakan bahwa hingga kini perusahaan teknologi global Apple masih memberikan sinyal yang positif untuk berinvestasi di Indonesia.

Ditambahkannya bahwa Pemerintah Republik Indonesia masih mencari formula insentif terbaik untuk menarik perusahaan yang berada di bawah komando Tim Cook itu, agar bisa berinvestasi di Indonesia.

"Tidak, itu hoaks saja yang menyatakan batal. Mereka mau berinvestasi di Indonesia," jelas Menkominfo pada Kamis (2/5/2024).

Senada adalah pandangan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, tentang kehadiran CEO Apple, Tim Cook beberapa saat lalu ke Indonesia (17/4/2024).

Ia menyebutkan bahwa Apple, salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk merealisasikan investasi di Indonesia.

Buktinya bisa disimak dari adanya rencana pembangunan Apple Developer Academy keempat yang akan dibangun di Bali.

"Apple jalan. Mereka akan membangun akademi keempat," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Disebutkan pula saat ini rencana realisasi investasi Apple di Indonesia mencapai Rp 1,6 triliun.

"Sudah mendekati Rp 1,6 triliun, namun bagi saya tidak cukup. Belum cukup," lanjut Menteri Perindustrian.

Ditambahkannya bahwa khusus untuk Apple, pemerintah menerapkan penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang berbeda dengan sektor lainnya. Penghitungan ini berdasarkan nilai investasi yang sudah diberikan perusahaan Apple terhadap ekonomi Indonesia.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #realisasi #komitmen #apple #indonesia #bali #jadi #lokasi #investasi

KOMENTAR