Pasar Malam Bebas Kendaraan Bermotor Ramaikan Lombok Tengah, Siap Majukan UMKM
Lapak UMKM di Sirkuit Mandalika. Sebagai ilustrasi kegiatan pelaku bisnis UMKM Lombok Tengah, termasuk Kota Praya [Suara.com/Lalu Muhammad Helmi Akbar]
16:26
23 April 2024

Pasar Malam Bebas Kendaraan Bermotor Ramaikan Lombok Tengah, Siap Majukan UMKM

Pasar malam atau Car Free Night (CFN) di jalan protokol Kota Praya bakal kembali digelar Tahun ini. Acara itu sukses dilaksanakan pada 2023.

Dikutip dari kantor berita Antara, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan bahwa CFN akan segera berlangsung sebentar lagi.

"Ajang car free night mulai dilaksanakan 4 Mei 2024," jelas Lendek Jayadi, Asisten II Setda Kabupaten Lombok Tengah selesai rapat persiapan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di kantor bupati setempat, pada Selasa (23/4/2024).

Lendek Jayadi mengatakan belajar dari pengalaman CFN pada 2023, konsep pasar malam untuk 2024 dilaksanakan sesuai dengan momentum hari besar setiap bulan, sehingga kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini digelar dua kali sebulan.

Ditambahkannya bahwa sesuai dengan harapan Bupati Lombok Tengah, kegiatan ini harus berdampak kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga pemerintah daerah berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan CFN hingga Desember 2024.

"Jadwal car free night akan dibuatkan kalender event selama setahun," tambah Lendek Jayadi.

Dalam kegiatan ini, pasar malam tidak hanya menampilkan para pelaku bisnis UMKM. Panitia penyelenggara juga menampilkan hiburan musik, sehingga pengunjung CFN bisa meningkat dan ekonomi UMKM bergerak.

"CFN ini tidak hanya digelar di jalan protokol Kota Praya, namun akan digelar di ibu kota di 12 kecamatan di Lombok Tengah," kata Lendek Jayadi.

Sehingga diharapkan para pelaku UMKM dan berbagai pihak lain yang terlibat dalam kegiatan ini agar mempersiapkan diri dengan baik, sehingga kegiatan berjalan aman dan lancar.

"Kami berharap CFN 2024 ini lebih baik dari kegiatan sebelumnya. Ajang ini untuk peningkatan ekonomi UMKM Lombok Tengah," pungkasnya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #pasar #malam #bebas #kendaraan #bermotor #ramaikan #lombok #tengah #siap #majukan #umkm

KOMENTAR