Namanya Masuk Bursa Menteri Keuangan Prabowo-Gibran, Wamen Tiko Bilang Begini
Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo. (Dok: Telkom)
13:17
4 Maret 2024

Namanya Masuk Bursa Menteri Keuangan Prabowo-Gibran, Wamen Tiko Bilang Begini

Isu bursa menteri Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai berhembus ke publik. Bahkan beberapa waktu lalu beredar daftar nama-nama pesohor yang masuk dalam jajaran menteri Prabowo-Gibran.

Baru-baru ini terdapat kabar yang menyatakan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir menyetujui empat bankir yang akan mengisi kursi Menteri Keuangan. Salah satu, nama dari empat yang masuk dalam bursa Menteri Keuangan yaitu Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Ketika dikonfirmasi soal isu tersebut, Pria yang akrab disapa Tiko ini mengelak kabar tersebut. Dia menilai, urusan daftar ini masih terlalu awal, sebab KPU belum memutuskan siapa pemenang dari pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Terlalu dini. Masih terlalu dini," ujar Tiko saat ditemui di Gedung BPKP, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Senanda dengan Tiko, Erick Thohir juga enggan untuk mengomentari kabar bursa menteri keuangan tersebut. Dia juga bilang, masih terlalu dini untuk menentukan siapa pihak yang masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran.

Erick Thohir Setuju

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku setuju soal 4 calon Menteri Keuangan yang berlatar bankir yang bakal dipilih oleh Prabowo Subianto jika sudah diumumkam menjadi pemenang Pilpres 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir/Achmad FauziMenteri BUMN Erick Thohir/Achmad Fauzi

"Empat-empatnya bagus. Tapi, saya bukan posisinya untuk menilai itu. Pasti ada otoritas yang lebih mengerti," kata Erick Thohir di Jakarta, dikutip Minggu (4/3/2024).

ET sapaan akrabnya pun sudah mengetahui 4 calon yang dimaksud tersebut, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Mahendra Siregar, Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo dan Direktur Utama Bank BNI Royke Tumilaar.

"Ya, figur-figur (diatas) yang sangat bagus menurut saya," tambah Erick.

Sebelumnya, Prabowo Subianto disebut sudah menyiapkan sejumlah nama untuk diangkat menjadi Menteri Keuangan jika sudah diumumkam secara resmi menjadi pemenang Pemilu 2024.

Laporan itu diungkap oleh media asing asal Amerika Serikat (AS) Bloomberg yang dikutip hari ini Rabu (28/2/2024).

Menurut laporan tersebut, Prabowo dikabarkan sedang mempertimbangkan sejumlah tokoh yang berlatar belakang bankir sebagai Menteri Keuangan.

Sejumlah nama pun disebutkan dalam laporan Bloomberg tersebut, diantaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar hingga Direktur Utama Bank BNI Royke Tumilar.

Nama-nama itu disebut sejumlah sumber dianggap cocok untuk peran Menteri Keuangan karena keahlian finansial dan kemampuan memimpin secara efektif.

"Prabowo tidak akan menjadikan Menteri Keuangan sebagai posisi tawar-menawar politik. Jabatan itu disebut di atas politik, dibutuhkan orang yang teliti dan piawai dalam mengelola anggaran negara," tulis laporan tersebut.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #namanya #masuk #bursa #menteri #keuangan #prabowo #gibran #wamen #tiko #bilang #begini

KOMENTAR