Meski Diisukan Mundur, Ini Momen Jokowi Bercanda Gurau dengan Sri Mulyani di PTIJK OJK
Presiden Jokowi Bercanda Gurau dengan Menko Airlangga Hartato dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di PTIJK/Youtube
15:20
20 Februari 2024

Meski Diisukan Mundur, Ini Momen Jokowi Bercanda Gurau dengan Sri Mulyani di PTIJK OJK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2024 yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di The St Regist Jakarta, Selasa (20/2/2024). Dalam event tahunan tersebut, semua menteri ekonomi hadir menemani Jokowi.

Namun ada hal yang menarik dalam event, di mana Jokowi sempat bercanda gurau dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kepala lembaga hingga menteri yang duduk bareng Jokowi juga ikut canda gurau sambil tertawa. Adapun, Jokowi duduk bersama Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam satu meja.


Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Siapa Saja yang Diganti?

Momen itu ketika event akan usai Jokowi yang ingin segera cabut dari acara ini bercanda sambil tertawa lepas sesaat ingin berdiri dari tempat duduk.

Dengan adanya momen ini, sepertinya hubungan di dalam kabinet Indonesia Maju sedang baik-baik saja. Sehingga, kabar-kabar miring dan isu mundur Menkeu terpatahkan dengan adanya momen tersebut.

Dalam event itu, Jokowi berharap arus modal dan investasi yang masuk ke Indonesia semakin meningkat setelah penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

"Saya tahu banyak pelaku bisnis yang kemarin masih menunggu pemilu—wait and see, karena agak khawatir dengan politik yang memanas menjelang pelaksanaan pemilu.Tetapi sekarang alhamdulillah pemilu berjalan dengan lancar, masyarakat berbondong-bondong ke TPS dengan riang gembira," ujar seperti yang dikutip dari Antara.

Menurut Presiden, stabilitas politik dalam negeri sangat penting untuk membangkitkan industri keuangan yang semakin kokoh guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Di tengah kondisi geopolitik global yang kurang baik dengan masih berlangsungnya perang di Gaza dan Ukraina, Presiden memaparkan ketahanan industri keuangan Indonesia dengan tingkat permodalan perbankan mencapai 27,69 persen dan kredit perbankan yang tumbuh 10,38 persen year on year, atau di atas level pra pandemi.

Ekonomi Indonesia pun, menurut Presiden Jokowi, tumbuh sangat baik yaitu 5,05 persen dan inflasi terkendali di angka 2,57 persen.

Sementara itu, cadangan devisa Indonesia sebesar 145 miliar dolar AS (sekitar Rp2.271,2 triliun), neraca dagang surplus 36 miliar dolar AS (setara Rp570 triliun), serta defisit transaksi berjalan surplus 0,16 persen.

"Saya kira angka-angka seperti itu yang harusnya (membuat) kita optimistis terhadap ekonomi Indonesia di tahun 2024. Tetapi kita tetap harus hati-hati dan waspada karena ekonomi global yang berubah sangat cepat dan disrupsi teknologi yang masif terus terjadi," pungkas Jokowi.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #meski #diisukan #mundur #momen #jokowi #bercanda #gurau #dengan #mulyani #ptijk

KOMENTAR