Bisnis Happy Asmara Hanya Secuil Kekayaan Anak Haji Isam, Nilainya Kalahkan Luhut!
Happy Asmara (Instagram/@happy_asmara77)
13:59
12 Pebruari 2024

Bisnis Happy Asmara Hanya Secuil Kekayaan Anak Haji Isam, Nilainya Kalahkan Luhut!

Nama Jhony Saputra anak konglomerat Kalimantan, Haji Isam viral. Di usianya yang baru 21 tahun, daftar perusahaan, saham, dan pendapatan Jhony Saputra tak main – main. Total kekayaannya mencapai Rp5 triliun.

Total kekayaan inilah yang disinyalir membuat penyanyi Happy Asmara gampang kepincut dengan Jhony Saputra. Bagaimana tidak, nominal kekayaan Jhony jauh lebih tinggi jika dibandingkan tarif sekali manggung Happy Asmara. Meski kini Happy dikenal sebagai ikon musik dangdut tanah air, dia merintis karier dari taraf bawah.

Happy pernah hanya dibayar Rp50.000 sekali manggung di sebuah acara pernikahan. Kini tarif manggung Happy Asmara sudah mencapai puluhan juta rupiah sekali tampil. 

Namun demikian, tarif manggung Happy Asmara ini tidak ada apa – apanya jika dibandingkan dengan penghasilan dari usaha – usaha milik Jhony Saputra. 

Kedekatan keduanya mulai tercium sejak sosok Jhony sering tampil bersama rombongan brand skincare MS Glow. Happy Asmara merupakan salah satunya. Namun, hingga hari ini Happy Asmara belum memberikan pernyataan resmi terkait dengan kedekatannya dengan sosok crazy rich Kalimantan tersebut. 

Namun, diduga Happy Asmara akan meminta waktu tiga tahun sebelum menikah dengan Jhony. Pasalnya, dalam sebuah wawancara Haji Isam pernah mengatakan bahwa ia akan melaran Happy Asmara kembali bernyanyi.

Sumber Pendapatan Jhony Saputra

Salah satu sumber penghasilan Jhony Saputra berasal dari kepemilikannya dalam saham PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN). Ini merupakan perusahaan perkebunan dan produsen kelapa sawit yang sudah berdiri sejak tahun 1995.

Dengan saham tersebut, kekayaan Jhony sempat bertambah hingga Rp1 triliun hanya dalam waktu satu pekan saja. Tak heran jika Jhony memiliki total kekayaan hingga Rp5 triliun.

Kekayaan itu tentu jauh lebih besar. Bahkan jika dibandingkan dengan kekayaan Menko Luhut sebagai salah satu pejabat terkaya hanya memiliki harta sekitar Rp897 miliar, berdasarkan LHKPN 2022.

Jhony Saputra anak Haji Isam dan Happy Asmara. (Instagram/aanstory)Jhony Saputra anak Haji Isam dan Happy Asmara. (Instagram/aanstory)

Tak hanya itu. Jhony juga sudah mendapat mandat dari sang ayah untuk menjadi Komisaris Utama dari PT Jhonlin Agro Raya Tbk. Bukan hanya satu, Jhony juga ikut dalam mengurus segudang perusahaan milik sang ayah. Muli dari PT CItra Agro Raya, PT Modal Harapan Bangsa, hingga PT Surya Mega Adiperkasa. Selain Jhony, Haji Islam juga mempercayakan pengelolaan perusahaannya dengan putrinya yaitu Liana Saputri.

Mewariskan kekayaan tentunya bukan hal sulit bagi Haji Isam. Haji Isam membangun usahanya dari nol hingga sukses di sektor batu bara.

Konon katanya penghasilan Haji Isam mencapai Rp40 miliar per bulan. Haji Isam mulanya terjun di industri batu bara dengan bekerja di perusahaan milik warga keturunan Tionghoa-Surabaya.

Masa-masa menjadi karyawan ini dimanfaatkan Haji Isam untuk belajar bagaimana menjalankan bisnis hingga akhirnya berani membuka bisnis batu-baranya sendiri. 

Kini, Haji Isam telah membangun kerajaan bisnis lewat PT Jholin Grup yang terdiri dari PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, dan juga PT Jhonlin Air Transport. Tidak sampai di situ, Haji Isam bahkan mendirikan PT Jhonilin Agro Raya (JAR) Kalimantan Selatan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang biodiesel, yang telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #bisnis #happy #asmara #hanya #secuil #kekayaan #anak #haji #isam #nilainya #kalahkan #luhut

KOMENTAR