Presiden Jokowi Resmikan Gedung UNU Jogjakarta, Bisa Tampung Sampai 3.444 Mahasiswa
Jokowi resmikan Gedung UNU Jogjakarta. (Instagram PUPR)
16:45
31 Januari 2024

Presiden Jokowi Resmikan Gedung UNU Jogjakarta, Bisa Tampung Sampai 3.444 Mahasiswa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan Gedung Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jogjakarta di Gamping, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (31/1) bertepatan dengan Resepsi Harlah ke-101 NU.   “Resepsi Harlah ke-101 NU dan peresmian gedung UNU Jogjakarta ini merupakan sebuah lompatan kemajuan 50 tahun ke depan bagi NU,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari unggahan akun Instagram Kementerian PUPR.   Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa pembangunan Gedung UNU Jogjakarta dilakukan secara kolaboratif yakni melalui penyiapan lahan oleh Pemda DIJ dan pembangunan oleh Kementerian PUPR sejak Desember 2021 dan telah selesai pada Juni 2023.  

  “Kami ucapkan selamat. Semoga UNU dapat memanfaatkan prasarana ini untuk pembelajaran dengan fokus dan lebih baik, sehingga dapat menciptakan SDM yang unggul dan siap bersaing,” kata Basuki.   Diketahui, Gedung UNU Yogyakarta terdiri dari Gedung Utama 9 lantai dan Gedung Unit Kegiatan Mahasiswa 4 lantai yang akan melayani aktivitas 3.444 mahasiswa dan 152 dosen. Sembilan lantai Gedung Utama UNU melambangkan filosofi nilai 9 bintang yang diusung NU dan jumlah Wali Songo.   Gedung UNU Jogjakarta yang diresmikan Presiden Jokowi ini memiliki luas bangunan 16.769,19 m2, tinggi bangunan 52 m diatas tanah seluas 7.478 m2. Pada gedung baru tersebut akan dibangun 9 lantai dimana setiap lantai memiliki fungsi berbeda-beda. Lantai 1 atau Ground Floor akan digunakan untuk lobby, ruang UKM, dan ruang MEP.  

  Lantai 2 untuk kantin, ruang kuliah, administrasi, dan Jamaah Corner. Lantai 3 digunakan untuk ruang kuliah, laboratorium, E-Library, Study Lounge, dan Auditorium.    Sedangkan pada lantai 4 terdapat ruang dosen, ruang kuliah, laboratorium, E-Library, Study Lounge, dan Auditorium. Masjid, hall, perpustakaan di lantai 5 serta roof garden dan masjid di lantai 6. Lantai 7 dan 8 untuk ruang dosen dan dekanat. Dan yang terakhir lantai 9 untuk Rektorat dan BP3TNU.   Berdasarkan rencana pembangunan yang dilaksanakan selama 16 bulan mulai Oktober 2021 hingga Februari 2023, biaya pembangunan mencapai sekitar Rp 193 miliar.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #presiden #jokowi #resmikan #gedung #jogjakarta #bisa #tampung #sampai #3444 #mahasiswa

KOMENTAR