Gandeng Fintech Lending, Maybank Indonesia Tebar Dana Rp 1 Triliun Buat UMKM
Maybank Indonesia bekerja sama dengan Fintech Lending salurkan pembiayaan ke UMKM
13:44
20 September 2024

Gandeng Fintech Lending, Maybank Indonesia Tebar Dana Rp 1 Triliun Buat UMKM

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) menyalurkan pembiayaan senilai Rp 1 triliun untuk pengembangan bisnis UMKM. Pembiyaan tersebut disalurkan lewat fintech lending Batumbu.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwa mengatakan, kerja sama strategis channeling pembiayaan ini merupakan implementasi strategi Maybank Group, M25+, khususnya penguatan kinerja pembiayaan Bank pada program strategis (SP7) melibatkan digitalisasi layanan keuangan yang mudah diakses nasabah sektor UMKM.

"Salah satu segmen pembiayaan yang menjadi fokus pengembangan bisnis Maybank Indonesia adalah UMKM yang merupakan sektor penopang perekonomian nasional," ujarnya di Jakarta yang dikutip, Jumat (20/9/2024).

Untuk meningkatkan penetrasi pembiayaan, selain melalui jaringan Maybank Indonesia, juga diperkuat melalui jalinan kerja sama dengan perusahaan fintech lending yang memiliki jaringan ekosistem luas, tambahnya.

Baca Juga: 3.602 Desa Berdaya Bersama BRI, Wujudkan Kemandirian dari Pelosok Negeri

Steffano mengungkapkan, Maybank Indonesia pada tahun 2024 menargetkan pertumbuhan pembiayaan UMKM serta pengembangan pembiayaan digital sejalan dengan misi Humanising Financial Service.

Dengan kemitraan bersama Batumbu, Maybank Indonesia menargetkan perluasan pasar pembiayaan segmen UMKM, terutama bisnis Financial Supply Chain Management (FSCM) yang terus menunjukkan pertumbuhan pesat belakangan ini.

"Kami juga menyasar para pelaku UMKM yang merupakan distributor dan/atau supplier dengan skema channeling untuk memberikan akses dan solusi finansial kepada UMKM Indonesia," imbuh Steffano.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Batumbu Tan Glant Saputrahadi menuturkan kemitraan dengan Maybank Indonesia ini menambah kemampuan Batumbu untuk mendukung layanan keuangan digital sekaligus memberikan kemudahan akses kepada pelaku usaha sektor UMKM.

Glant menyebutkan hal ini sejalan dengan visi dari Batumbu untuk meningkatkan pembiayaan ke pengusaha UMKM.

Baca Juga: Semangat Cinta Lingkungan Yulvita Bangkitkan Usaha Kreatif, BRI Jadi Penopangnya

"Visi kami adalah melakukan pembiayaan yang signifikan untuk UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di kawasan Indonesia," kata dia.

Sebagai informasi, Batumbu adalah perusahaan Fintech Lending yang berfokus ke pembiayaan produktif. Batumbu berfokus untuk mengembangkan potensi dan aspirasi UMKM Indonesia melalui sinergi ekosistem yang berkelanjutan.

Kemitraan strategis tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk pertumbuhan UMKM Indonesia yang memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #gandeng #fintech #lending #maybank #indonesia #tebar #dana #triliun #buat #umkm

KOMENTAR