Intip Kolaborasi Budaya Jepang-Indonesia Dalam Persiapan Menuju World Expo 2025 Osaka
Myaku-Myaku, maskot resmi World Expo 2025 Osaka, memulai debutnya di Indonesia dalam acara Jak-Japan Matsuri 2024 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, di 14 dan 15 September 2024.
15:03
19 September 2024

Intip Kolaborasi Budaya Jepang-Indonesia Dalam Persiapan Menuju World Expo 2025 Osaka

Jak-Japan Matsuri 2024, yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 14 dan 15 September 2024, menjadi acara yang strategis untuk mempererat hubungan budaya antara Jepang dan Indonesia serta sekaligus mempromosikan World Expo 2025 yang akan digelar di Osaka, Jepang.

Acara tahunan ini semakin istimewa dengan hadirnya maskot resmi World Expo 2025 Osaka, Myaku-Myaku, yang tampil untuk pertama kalinya di Indonesia.

Kehadiran Myaku-Myaku di Jak-Japan Matsuri bukan hanya untuk mempromosikan persahabatan antar kedua negara, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkenalkan World Expo 2025 kepada masyarakat.

Indonesia sendiri akan mengusung tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future”, dimana paviliun Indonesia akan menampilkan berbagai inisiatif keberlanjutan, seperti teknologi hijau dan energi terbarukan, pengembangan smart city, infrastruktur berkelanjutan, serta kemajuan di industri kreatif.

Baca Juga: Myaku-Myaku Maskot Resmi World Expo 2025 Osaka Tampil Perdana di Jakarta

“Selain penampilan dari Myaku-Myaku, pada booth World Expo 2025 Osaka, telah hadir juga maskot resmi Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka, Tumtum, yang akan tampil merepresentasikan tanah air di panggung global," ujar Dr. Vivi Yulaswati, M.Sc., Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam di Kementerian PPN/ Bappenas ditulis Kamis (19/9/2024).

Tumtum hadir membawa pesan yang kuat tentang identitas bangsa, mulai dari kekayaan tradisi hingga inovasi modern yang diusung dalam setiap detail desainnya. Sehingga tidak hanya sekedar menjadi representasi visual, tapi Tumtum diharapkan bisa mempromosikan kekayaan budaya dan potensi ekonomi kreatif Indonesia kepada dunia internasional.

“Indonesia akan berpartisipasi aktif melalui paviliunnya dengan memamerkan kekayaan budaya dan inovasi teknologi berkelanjutan. Kontribusi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan yang sudah terjalin lama antara Indonesia dan Jepang. Karenanya kami sangat antusias untuk berkontribusi dalam Expo ini dan berbagai persiapan juga tengah dilakukan supaya memberikan hasil maksimal pada saat expo nanti,” tutupnya.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #intip #kolaborasi #budaya #jepang #indonesia #dalam #persiapan #menuju #world #expo #2025 #osaka

KOMENTAR