Rekomendasi untuk Pengguna KRL! Ini 6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor, Healing Murah Meriah
Stasiun Bogor bisa menjadi titik awal untuk berwisata ke penjuru Kota Bogor. Terletak di pusat Kota Hujan, ada sejumlah tempat wisata dekat Stasiun Bogor ikonik dan legendaris yang bisa dikunjungi. (kebunraya.id)
16:14
26 September 2024

Rekomendasi untuk Pengguna KRL! Ini 6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor, Healing Murah Meriah

 – Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, Kota Bogor memberikan banyak sekali pilihan destinasi kepada wisatawan. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner, sampai beragam objek wisata buatan ada di kota ini.

Tak heran, jika Bogor menjadi salah satu lokasi wisata favorit khususnya masyarakat Jabodetabek untuk melepas penat. Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang melakukan perjalanan ke Bogor menggunakan transportasi umum.

Karena jaraknya yang mudah dijangkau, kereta merupakan transportasi yang banyak difavoritkan. Lokasi Stasiun Bogor yang strategis pun membuatnya menjadi pusat aktivitas bagi warga setempat dan wisatawan. Bahkan bisa dengan mudah menjelajahi berbagai sudut menarik di sekitar stasiun.

Ada beberapa tempat wisata yang cukup dekat dengan Stasiun Bogor bahkan bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki. Berikut rekomendasi 6 tempat wisatanya yang bisa jadi pilihan healing murah meriah bersama keluarga, atau sekedar menghabiskan waktu untuk diri sendiri sambil menikmati suasana Kota Hujan.

 

  1. Alun-alun Kota Bogor

Alun-alun Kota Bogor merupakan tempat wisata yang paling mudah dijangkau dari stasiun Bogor. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit, dan tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB.

Lokasinya ada di tengah kota bersebelahan dengan Stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Kapten Muslihat, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Tidak ada biaya tiket masuk, karena merupakan taman kota.

Alun-Alun seluas 1,7 hektar ini memiliki desain yang sangat unik, dengan konsep ruang terbuka ala Eropa sehingga dapat memanjakan pengunjung untuk beristirahat. Bisa juga melakukan berbagai aktivitas rekreasi sambil menikmati suasana hijau.

 

Obyek wisata ini juga memiliki empat zona yang berbeda, mulai dari Zona Botani, Zona Olahraga, dan Zona Religi.

Bukan Bogor namanya kalau sulit mencari kuliner. Jadi tak perlu khawatir lapar jika berwisata ke sini, sebab sekitar 450 meter di sebelah selatan alun-alun ada banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

  1. Kebun Raya Bogor

Wisata yang bisa ditempuh dari Stasiun KRL Bogor berikutnya adalah Kebun Raya Bogor. Namun, untuk bisa sampai di tempat ini kita harus melanjutkan perjalanan dengan transportasi online atau dapat menggunakan angkot rute 02.

Tempat ini menjadi salah satu destinasi populer yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Kebun Raya Bogor juga merupakan kawasan konservasi tumbuhan tropika dan menjadi ikonnya wisata di Bogor.

Di tempat ini, kita bisa melakukan banyak kegiatan seperti piknik maupun olahraga. Atau ingin mengitari seluruh kawasan kebun penuh tanaman dan pepohonan sambil berjalan-jalan santai.

Jika capek berjalan kaki, kebun Raya Bogor juga menyediakan berbagai fasilitas agar kita bisa menelusuri semua wilayah seluas 87 hektar ini. Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan seperti shuttle bus, golf car, skuter listrik, hingga sepeda yang bisa disewakan untuk berkeliling.

Biaya tiket masuk Kebun Raya Bogor dimulai dengan harga Rp15.000 per orang.

  1. Museum Zoologi

Kalau ke Kebun Raya Bogor, jangan lupa mampir ke Museum Zoologi yang merupakan museum fauna yang masih satu wilayah dengan Kebun Raya Bogor. Tempat wisata ini sudah didirikan sejak tahun 1894 dan merupakan gagasan dari perintis Kebun Raya Bogor sendiri yaitu J. C. Koningsberger.

 

Tempat wisata edukatif di area Kebun Raya Bogor ini dibuka setiap hari. Pada hari Senin sampai Jumat, jam bukanya dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp 15.000 per orang. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur nasional, museum ini akan dibuka mulai pukul 7.00 sampai 16.00 WIB. Dengan harga tiket masuknya mulai Rp 25.000 per orang.

  1. Taman Meksiko

Taman Meksiko juga berada di lokasi yang sama dengan Kebun Raya Bogor. Merupakan taman koleksi tanaman kaktus, bahkan taman ini berisikan kumpulan spesies tumbuhan iklim kering yang jumlahnya lebih dari 100 spesies, seperti: agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lain.

Sebagian besar koleksi taman ini didatangkan dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Taman ini terlihat indah dengan berbagai macam jenis tanaman kaktus yang memang banyak digunakan sebagai tanaman hias. Hal ini dikarenakan tanaman kaktus memiliki bentuk yang indah akibat dari penyesuaian diri mereka terhadap lingkungan aslinya.

Biaya masuk Taman Meksiko, sama dengan tiket masuk Kebun Raya Bogor.

 

  1. Museum dan Monumen PETA

Museum dan Monumen PETA (Pembela Tanah Air) menjadi destinasi wisata edukasi yang dekat dengan Stasiun Bogor dan menarik untuk dikunjungi. Di sini, kita bisa mempelajari sejarah perjuangan para tentara Indonesia melawan penjajah melalui diorama, senjata, dan pakaian yang dipamerkan.

Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No.35, RT.01, RW.05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju Museum dan Monumen PETA dari Stasiun Bogor, bisa menggunakan angkot 03 (Baranangsiang - Bubulak).

Museum ini buka setiap hari, dengan jam buka untuk hari Senin–Jumat: 08.00–17.00 WIB, Sabtu: 09.00–17.00 WIB, Minggu: 10.00–17.00 WIB.Untuk melihat-lihat koleksi di dalam Museum PETA, harus membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang. Pembelian tiket bisa dilakukan secara langsung di lokasi wisata. 

  1. Jalan Suryakencana

Jalan Suryakencana merupakan salah satu jalan utama di Kota Bogor yang menawarkan suasana kota tua yang instagramable. Di sepanjang jalan ini, kita bisa melihat bangunan-bangunan berarsitektur kolonial yang masih terawat dengan baik.

Tapi yang menjadi tujuan utama para wisatawan datang ke sini, karena Jalan Suryakencana adalah Pecinan-nya Bogor dan sangat populer di kalangan food traveller. Kita bisa menemukan puluhan kedai dan warung yang menjual berbagai makanan dan jajanan, mulai yang halal sampai non-halal. Harganya jangan ditanya, tidak bikin kantong bolong.

Jarak dari Stasiun Bogor ke Jalan Suryakencana sekitar 2,4 kilometer. Kita bisa memilih berjalan kaki selama 35 menit, atau jika ingin naik transportasi umum bisa menaiki angkot nomor 02 arah Sukasari lalu turun di Jalan Suryakencana lalu dilanjut dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 100 meter ke arah pusat kuliner. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #rekomendasi #untuk #pengguna #tempat #wisata #dekat #stasiun #bogor #healing #murah #meriah

KOMENTAR