Seremoni Peresmian ala Pejabat RI 'Mendunia', Gimmick Biometrik Jadi Meme Internasional
Video peresmian di Indonesia jadi meme internasional. (Instagram)
18:40
18 Agustus 2024

Seremoni Peresmian ala Pejabat RI 'Mendunia', Gimmick Biometrik Jadi Meme Internasional

Penampakan acara dengan gimmick 'layar biometrik' sempat viral di Indonesia pada Maret 2024. Video tersebut kini mendunia usai dibagikan akun fanspage meme internasional.

Tak sedikit netizen yang bangga sekaligus malu dengan penampakan tersebut. Akun fanspage Instagram berbahasa Korea Selatan, @overseas.meme dikenal sering membagikan meme hingga video viral.

Baru-baru ini, mereka menemukan 'meme unik' yang bersumber dari video Indonesia. "Melebihi Google, Samsung, dan Apple (emoticon datar). Meme internasional ke-22 tak akan pernah berakhir," tulis @overseas.meme.

Video turut menampilkan keterangan berbahasa Korea yang berarti "Indonesia. Sistem pengenalan sidik jari canggih. Siap melompati teknologi apa pun di seluruh dunia".

Baca Juga: Apa Arti 9 Naga? Viral Gegara Foto Pengusaha Kaya Raya yang Ikut Upacara 17 Agustus di IKN

Akun meme internasional tersebut biasanya meraih puluhan ribu hingga 3 juta view dalam sekali posting. Tak disangka, peresmian ala oknum pejabat RI ini menembus lebih dari 15 juta tontonan.

Sebagai informasi, itu merupakan video lawas detik-detik saat Pemkot Makassar resmi menghadirkan sistem Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) untuk mengurus perizinan bangunan.

Salah seorang pejabat saat itu menekan layar sebagai peresmian secara simbolik. Terdapat gambar tangan serta sensor sidik jari agar seolah-olah terlihat bahwa hal tersebut menggunakan teknologi biometrik.

Sayang, operator pada layar utama diduga menggeser kursor mouse sehingga 'tercyduk' itu adalah rekaman video. Layar biometrik (versi asli) merupakan perangkat yang digunakan untuk menangkap data biometrik guna verifikasi identitas.

Data biometrik bisa berupa ciri fisik seperti sidik jari, iris mata, wajah, dan suara, hingga pola seperti ketukan. Gimmick layar biometrik yang menjadi meme internasional ini mendapat beragam komentar dari netizen.

Baca Juga: Gara-gara Senggol Akun Ini, Swansea City Kena Sindir Usai Posting Debut Nathan Tjoe-A-On

"Pejabat Konoha mendunia. Menyala abangku," kata @ar**ih*b.id.

"Sampai luar negeri coba. Malu banget (emoticon menangis)," balas @g**h*n.

"Mending kita diam-diam mundur ya guys ya. Nggak usah bereaksi, Nggak usah sebut nama negara, ayo kita cabut pelan-pelan," saran @ne**ie**dge.

"Udah sampai Korea. Malu gue sebagai WNI," komentar @y*f**nal.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #seremoni #peresmian #pejabat #mendunia #gimmick #biometrik #jadi #meme #internasional

KOMENTAR