Gameseed 2024 Jadi Program Pertumbuhan Game Lokal, Garena Dukung Lewat Mentoring
Ilustrasi Gameseed 2024. (istimewa)
10:48
10 Agustus 2024

Gameseed 2024 Jadi Program Pertumbuhan Game Lokal, Garena Dukung Lewat Mentoring

Gameseed 2024 kali ini menghasilkan banyak dukungan dari berbagai pihak yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), Asosiasi Game Indonesia (AGI), Indie Games Group Indonesia (IGGI), Tencent, dan Garena. Sebagai salah satu publisher game besar, Garena mengungkap bahwa mereka siap memberikan dukungan melalui pelatihan dan mentoring.

Perlu diketahui, Gameseed 2024 menawarkan total hadiah sebesar Rp100 juta yang didukung oleh Tencent dan Garena. Nantinya pemenang terpilih berkesempatan mengikuti acara Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) di Bali.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Garena berperan sebagai sponsor Gameseed 2024, sebuah kompetisi dan inkubasi game terbesar di Indonesia. Inisiatif ini hadir sebagai bagian dari komitmen dan dukungan Garena dalam mendorong pertumbuhan industri game Indonesia sekaligus meramaikan momentum Hari Game Nasional pada 8 Agustus 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno menyebut program Gameseed di tahun kedua ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para pelaku industri game untuk menciptakan game yang diterima pasar, serta mengembangkan studio game yang berkelanjutan dan siap bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga: Bersamaan dengan Turnamen Esports Pelajar GYC 2024 Free Fire, Ada Event Khusus di Game

Ini (Gameseed) juga ikut memperkuat ekosistem dan game-game lokal. Mudah-mudahan semakin bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri dan game lokal semakin mendunia,” ujar Sandiaga Uno saat memimpin The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) di gedung Kemenparekraf RI, Senin (5/08/2024).

Country Head Garena Indonesia, Hans Saleh menambahkan, kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan industri game lokal Indonesia. “Kita sudah sejak lama berkolaborasi dari segi pengembangan industri game di Indonesia. Kita lihat sekarang ini perkembangan industri game lokal juga sangat baik dan berprogres cepat. Sehingga ini waktu yang tepat bagi kami untuk memperkuat komitmen dan berkontribusi pada industrI game lokal,” ungkap Hans Saleh melalui keterangan resminya.

Sebagai perusahaan global yang telah beroperasi di Indonesia sejak 2012, kehadiran Garena di Gameseed 2024 akan memberikan nilai tambah kepada para peserta, di mana mereka dapat langsung bertukar pikiran dengan para ahli dari Garena.

Melalui pelatihan dan mentoring yang diberikan, diharapkan akan terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman untuk membantu peserta mengembangkan game Indonesia yang mampu bersaing di pasar global.

Sebagai perusahaan pengembang dan penerbit game yang berdiri Indonesia sejak 2012, Garena telah aktif terlibat dalam berbagai inisiatif untuk mendorong perkembangan industri game dalam negeri. Salah satunya, adalah dengan berkolaborasi dengan Kemenparekraf dan AGI untuk menyelenggarakan Garena Game Jam 2023.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tablet Snapdragon untuk Main Game, Terbaik Agustus 2024

Program ini menghadirkan perlombaan membuat game dalam waktu 48 jam untuk developer muda Indonesia. Selain menjadi ajang kompetisi, program ini juga menjadi sarana bagi developer muda untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta membangun jaringan dengan para profesional industri game global dari Garena.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #gameseed #2024 #jadi #program #pertumbuhan #game #lokal #garena #dukung #lewat #mentoring

KOMENTAR