Bocoran Tampilan Android 15 di HP Samsung, Ada Pemisahan Quick Setting
Android 15. [Aandroid-developers.googleblog.com]
12:48
29 Juli 2024

Bocoran Tampilan Android 15 di HP Samsung, Ada Pemisahan Quick Setting

Samsung bersiap menggulirkan update Android 15 ke sebagian smartphone-nya. Menjelang perilisan utama, fitur serta tampilan Android 15 bocor ke publik.

Menurut bocoran, salah satu perubahan yang paling menonjol dalam One UI 7 berbasis Android 15 adalah adanya pemisahan Quick Settings.

Nantinya, Quick Settings dan kolom notifikasi menjadi dua panel yang berbeda. Sebagai pengingat, munculnya Android Lollipop pada 2014 membuat tata letak Quick Settings atau Pengaturan Cepat dua panel menjadi satu menu.

Awalnya, pemberitahuan muncul lebih dulu, dengan Pengaturan Cepat yang dapat diakses melalui sapuan atau swipe tambahan. Google menggabungkan keduanya lebih jauh, menampilkan beberapa tombol Quick Settings di bayangan pemberitahuan, dengan sisanya disembunyikan di bawah swipe kedua.

Baca Juga: Chipset Terbaik Mediatek atau Snapdragon? Ini Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Prosesor

Namun, banyak OEM menyesuaikan fitur ini ke dalam versi Android mereka. Dikutip dari Gizchina, HyperOS milik Xiaomi dan MagicOS milik Honor adalah contoh utama.

Pemisahan pada One UI 7.0. (Smartprix)Pemisahan pada One UI 7.0. (Smartprix)

Keduanya membagi notifikasi dan Pengaturan Cepat menjadi dua panel layar penuh. Menurut leaker bernama Chun Bhai, Samsung berencana untuk menerapkan pemisahan serupa di One UI 7.

Update akan memisahkan notifikasi dan Pengaturan Cepat menjadi dua panel yang berbeda. Panel pertama bakal menampilkan notifikasi, sedangkan panel kedua menampilkan tata letak Pengaturan Cepat yang diperbarui dengan desain lebih membulat.

Berdasarkan rumor, One UI 7 Samsung akan menyertakan beberapa fitur lain yang terinspirasi oleh iOS. Perubahan ini kemungkinan dirancang untuk membuat antarmuka Samsung lebih menarik bagi pengguna yang terbiasa dengan ekosistem Apple.

Meskipun detail spesifik tentang fitur-fitur ini masih dirahasiakan, arahan keseluruhan menunjukkan adanya pergerakan menuju antarmuka yang lebih ramping dan ramah pengguna.

Baca Juga: Masuk Pasar Global, Harga Xiaomi Mix Fold 4 Lebih Murah dari Samsung Galaxy Z Fold 6

Update One UI 7 berbasis Android 15 kemungkinan datang pertama kali pada deretan HP flagship mulai dari Samsung Galaxy S21 series hingga Galaxy S24 series.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #bocoran #tampilan #android #samsung #pemisahan #quick #setting

KOMENTAR