Ambisi Gila Elon Musk: Tanam 1.000 Chip Otak Neuralink Tahun Depan!
Pendiri Neuralink, Elon Musk. [Britta Pedersen/POOL/AFP]
18:08
12 Juli 2024

Ambisi Gila Elon Musk: Tanam 1.000 Chip Otak Neuralink Tahun Depan!

Elon Musk punya ide gila dan ambisius untuk salah satu perusahaannya, Neuralink. Pemilik Tesla itu mengatakan ingin menanamkan 1.000 chip Neuralink di otak ratusan orang pada tahun depan.

Dalam video Neuralink baru-baru ini seperti dilansir dari Gearrice pada Jumat (12/7/2024), Elon Musk menguraikan rencana perusahaan untuk memperluas bisnisnya dengan cepat.

Menurutnya, Neuralink harus mampu mencangkokkan hampir 1.000 implan ke pasien paling lambat pada 2026.

Oleh karena itu, perusahaan tersebut tampaknya berusaha untuk meningkatkan jumlah pasien yang menerima implan otak menjadi satu digit pada akhir tahun.

Baca Juga: Mantan CEO Amazon Tanamkan Investasi Rp 11 T, Produsen EV Ini Abaikan Elon Musk

Sebagai informasi, para ahli percaya bahwa chip otak ini dapat merevolusi perawatan medis, terutama dengan memulihkan pergerakan pasien yang lumpuh.

Chip Neuralink. [Neuralink/AFP]Chip Neuralink. [Neuralink/AFP]

Namun, beberapa orang berpendapat bahwa teknologi dapat meningkatkan kemampuan manusia, sehingga berpotensi mengubah menjadi "manusia super".

Sebelumnya pada Januari, perusahaan tersebut menanamkan perangkatnya pada pasien manusia pertamanya, Noland Arbaugh (29) di Barrow Neurological Institute.

Meskipun operasi tersebut berjalan baik, tetapi masalah muncul. Beberapa kabel dari implan ditarik dari otak Arbaugh sehingga hanya menyisakan sekitar 15 persen saluran yang berfungsi.

Walau begitu, Arbaugh mampu menggunakan antarmuka Neuralink untuk menonton video, membaca, dan bermain catur serta video game lainnya, terkadang hingga 70 jam seminggu.

Baca Juga: Kominfo Akui Starlink Elon Musk Bayar Rp 23 Miliar per Tahun ke Pemerintah

Melihat keberhasilan tersebut, tak heran jika Elon Musk semakian ambisius untuk memasang beberapa ratus implan pada tahun depan.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #ambisi #gila #elon #musk #tanam #1000 #chip #otak #neuralink #tahun #depan

KOMENTAR