Apple Juga Mau Gandeng Meta Buat Rilis AI di iPhone
Kantor Meta di Indonesia. [Suara.com/Dythia Novianty]
12:24
25 Juni 2024

Apple Juga Mau Gandeng Meta Buat Rilis AI di iPhone

Apple baru saja meluncurkan fitur kecerdasan buatan (AI) yang dinamakan Apple Intelligence untuk perangkat iPhone, iPad, hingga Mac. Kehadiran fitur AI ini adalah hasil kerja sama Apple dengan OpenAI pemilik ChatGPT.

Kini menurut laporan terbaru, Apple juga membuka peluang kerja sama dengan pesaingnya, Meta, yang merupakan induk Facebook dan Instagram, sebagaimana dilansir dari Gadgets360, Selasa (25/6/2024).

Menurut orang-orang yang mengetahui rumor itu, kolaborasi ini memungkinkan teknologi AI milik Meta tersambung di sistem operasi iOS 18, iPadOS 18, hingga macOS Sequoia.

Dengan demikian, ini mirip seperti kerja sama yang dilakukan Apple bersama OpenAI.

Baca Juga: Cara Restart iPhone, Tidak Perlu Pakai Tombol Power!

Rumor ini tidak mengejutkan karena sebelumnya Apple membuka kemungkinan kolaborasi dengan perusahaan lain demi mengembangkan teknologi AI. Bahkan mereka juga berniat untuk menggandeng Google Gemini.

Seperti yang dijelaskan oleh Apple, integrasi ChatGPT diposisikan sebagai layanan tambahan pada Apple Intelligence internalnya. Setelah fitur ini dirilis, pengguna akan diberikan opsi untuk memanggil layanan chatbot OpenAI.

Bedanya pengguna tidak diharuskan membuat akun OpenAI untuk mengakses fitur-fiturnya.

Lebih lanjut, pembuat iPhone mengatakan bahwa ChatGPT tidak akan menyimpan data pengguna apa pun setelah menjalankan kueri, kecuali pengguna telah masuk ke akunnya secara sukarela.

Adapun kerja sama Apple dan OpenAI ini tidak memungut biaya kompensasi apapun. Keduanya sama-sama sepakat kalau kolaborasi itu menguntungkan satu sama lain.

Baca Juga: Mirip iPhone, Deretan HP Realme Ini Bakal Kebagian Fitur Live Photos

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #apple #juga #gandeng #meta #buat #rilis #iphone

KOMENTAR