5 Mitos Facebook yang Bikin Terkejut!
Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]
11:48
19 Juni 2024

5 Mitos Facebook yang Bikin Terkejut!

Facebook adalah salah satu media sosial tertua dan tak heran jika banyak ratusan mitos atau hoaks yang beredar mengenai platform tersebut.

Dengan lebih dari 250 juta pengguna, wajar jika beberapa mitos Facebook mulai terbentuk. Berikut lima mitos utama Facebook:

1. Facebook menjual foto pengguna

Rumor yang beredar sebelumnya menyebut bahwa Facebook akan menjual foto pengguna meskipun pengguna sudah menghapusnya. Disebutkan bahwa Facebook dapat menggunakan gambar tersebut untuk tujuan komersial.

Baca Juga: Media Sosial Elaelo Hilang di Internet Usai Viral Disebut Jadi Pengganti X

Kehebohan itu membuat pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, untuk membahas masalah ini di blog perusahaan. Zuckerberg memperjelas cara kerja situs seperti Facebook, dengan menunjukkan bahwa meskipun pengguna menghapus akunnya, konten dari akun tersebut mungkin masih ada di halaman pengguna lain.

Oleh karena itu, Facebook memerlukan lisensi untuk membagikan gambar tersebut dengan anggota lain, namun hanya dengan cara yang ditentukan pengguna melalui pengaturan privasi akun mereka.

Yang paling penting, Zuckerberg menegaskan bahwa Facebook tidak berniat menjual foto penggunanya dengan alasan apa pun.

2. Facebook menghancurkan keterampilan sosial

Tidak dapat disangkal bahwa Facebook memudahkan pengguna untuk terhubung dengan teman lama dan kerabat jauh, namun kemudahan ini mungkin harus dibayar mahal.

Baca Juga: Jangan Tertipu! Kenali Tanda Akun Facebook Palsu dan Cara Melapornya

Psikiater West London Mental Health Trust, Himanshu Tyagi, memperingatkan bahwa karena jejaring sosial membuat komunikasi menjadi pengalaman yang serba cepat dan dinamis, orang mungkin menjadi tidak peka terhadap hubungan mereka di dunia nyata.

Anak-anak muda yang tumbuh dengan internet sangat berisiko karena terkadang terlalu menekankan identitas virtual mereka dan mungkin meremehkan interaksi tatap muka.

Untungnya bagi pengguna Facebook, tidak semua orang menganggap situs ini membuat dunia menjadi pertapa. Sebuah studi di Universitas Cambridge terhadap pengguna Facebook menemukan bahwa situs tersebut dapat menjadi alat yang berguna untuk menjaga hubungan yang mungkin akan hilang.

Selain itu, partisipan penelitian ini menemukan bahwa Facebook berguna untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang teman dan keluarga mereka, yang pada akhirnya merasa bahwa situs tersebut memberi mereka lebih banyak pilihan tentang cara berinteraksi dengan orang lain.

3. Perusahaan lain akan membeli Facebook

Setelah menjalankan Facebook selama dua tahun, Zuckerberg mengadakan pembicaraan dengan Yahoo! untuk membahas penjualan perusahaan. Pesaing Facebook, MySpace, menjual 580 juta dollar AS setahun sebelumnya dan memiliki lebih banyak pengguna dibandingkan Facebook pada saat itu, jadi Yahoo! mungkin merasa bahwa menawarkan 1 miliar dollar AS untuk situs web itu.

Namun, Zuckerberg berpikir sebaliknya, dan memilih untuk mempertahankan kepemilikan dan kendali perusahaan.

Rupanya, dia mengambil langkah yang benar. Hanya setahun kemudian, Microsoft menilai Facebook sebesar 15 miliar dollar AS.

Mengenai penjualan perusahaan, rumor tersebut sepertinya sudah mereda untuk saat ini. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Time pada 2007, Zuckerberg menyatakan bahwa menjual Facebook "bukan fokus utama" bagi perusahaannya. Sebaliknya, Zuckerberg mengatakan Facebook sedang sibuk menemukan cara terbaik bagi orang-orang untuk terhubung secara online.

Ilustrasi Facebook (Pexels.com/Tobias Dziuba)Ilustrasi Facebook (Pexels.com/Tobias Dziuba)

4. Pendiri Facebook mencuri ide

Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook, dinyatakan sebagai miliarder termuda di dunia pada usia 24 tahun oleh Majalah Forbes. Namun bertahun-tahun sebelum Facebook menjadi terkenal, Zuckerberg dipekerjakan untuk melakukan beberapa pengkodean untuk sesama mahasiswa Harvard yang memulai situs web bernama Harvard Connection.

Situs web ini dirancang untuk membantu mahasiswa membangun jaringan satu sama lain, sebuah premis yang sangat mirip dengan Facebook.

Para mahasiswa di belakang Harvard Connection berpendapat bahwa Zuckerberg sengaja mengabaikan tugas pemrogramannya agar ia dapat membuat situs dengan premis yang sama. Zuckerberg, sebaliknya, mengklaim inspirasinya untuk Facebook berasal dari reaksi Harvard terhadap Facemash, situs Web sebelumnya.

Facemash memiliki premis yang sangat sederhana, memungkinkan mahasiswa Harvard untuk membandingkan dan menilai gambar satu sama lain. Keberhasilan instan situs tersebut memberi Zuckerberg wawasan tentang daya tarik mengikuti teman dan kenalan secara online.

Dari sana, Zuckerberg mengklaim bahwa, mengingat hiruk pikuk jejaring sosial pada saat itu, ide untuk Facebook merupakan perpanjangan alami dari karyanya sebelumnya.

Setelah perselisihan hukum yang panjang antara pendiri Harvard Connection dan Zuckerberg, masalah tersebut akhirnya diselesaikan di luar pengadilan. Menurut publikasi yang dirilis dari pengacara Harvard Connection, Facebook setuju untuk membayar hingga 61 juta dollar AS dalam bentuk tunai dan saham untuk menutup masalah tersebut.

5. Membayar untuk Menggunakan Facebook

Banyak pengguna mencurigai Facebook mungkin akan mengenakan biaya untuk layanannya. Rumor ini nampaknya sangat masuk akal ketika pengguna mempertimbangkan argumen seperti yang dikemukakan oleh penulis majalah Slate, Farhad Manjoo, pada 2008.

Manjoo menunjukkan bahwa bahkan 5 persen pengguna Facebook setuju untuk membayar 5 dollar AS per bulan untuk layanan tersebut, membuat Facebook dapat menghasilkan ratusan juta dolar per tahun hanya dari biaya keanggotaan.

Untungnya bagi pengguna Facebook, perusahaan saat ini tidak memiliki rencana untuk mulai mengenakan biaya untuk layanan tersebut. Faktanya, Facebook memperoleh keuntungan dan berkembang pesat hanya berdasarkan kekuatan pendapatan iklannya.

Itulah rumor yang beredar tentang Facebook.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #mitos #facebook #yang #bikin #terkejut

KOMENTAR