Perbedaan Smartwatch dan Smartband yang Jarang Orang Tahu
Perbedaan Smartwatch dan Smartband. [Xiaomi]
19:24
18 Juni 2024

Perbedaan Smartwatch dan Smartband yang Jarang Orang Tahu

Perbedaan Smartwatch dan Smartband terkadang membuat orang bingung. Sebab pada dasarnya, kedua perangkat ini sama-sama menyajikan jam pintar yang membantu aktivitas manusia.

Belum lagi, keduanya juga dapat dikenakan di pergelangan tangan kita seperti jam tangan tradisional. Jika Anda pernah menggunakan kedua perangkat tersebut, Anda akan melihat bahwa keduanya memiliki banyak kesamaan.

Baik Smartwatch ataupun Smartband sama-sama dapat digunakan untuk mengetahui waktu, mencerminkan notifikasi ponsel cerdas (sampai batas tertentu pada gelang pintar) dan melacak kebugaran.

Meski demikian, jika saat ini Anda sedang bingung memilih salah satunya, ada bisa menyimak informasi berikut ini untuk mengetahui perbedaan antara Smartwatch dan Smartband.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Watch FE, Smartwatch Wear OS Terjangkau

Perbedaan Smartwatch dan Smartband

1. Konsep dan Fungsi

Smartwatch adalah perpanjangan dari ponsel cerdas Anda yang memungkinkan Anda memeriksa notifikasi seperti teks, email, dan media sosial, di antara fitur-fitur kesehatan lainnya seperti pelacakan tidur, penghitungan langkah, dll.

Perangkat smartwatch juga memungkinkan Anda menjawab dan menolak panggilan telepon. Ini berbeda dengan Smartband.

Smartband bukanlah perpanjangan dari ponsel Anda, melainkan perangkat wearable gratis yang menyampaikan data kembali ke ponsel Anda.

Baca Juga: Tips Pemilihan Smartwatch Terbaik untuk Pecinta Aktivitas Fisik

Biasanya, perangkat Smartband lebih berorientasi pada kebugaran, oleh karena itu disebut juga gelang kebugaran.

Ini melacak data vital kesehatan Anda seperti detak jantung, tingkat stres, oksigen darah, langkah-langkah, tidur, dan banyak lagi.

2. Desain

Smartwatch memiliki desain yang menyerupai jam tangan konvensional. Dengan kata lain, jam tangan pintar cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Beberapa memiliki tali yang dapat dilepas (baja tahan karat, kulit, seperti gesper, karet, dll.) yang dapat Anda ganti untuk acara atau jalan-jalan lain dan bahkan memiliki desain yang lebih baik daripada jam tangan biasa.

Sementara Smartband sering kali hanya dilengkapi tali karet karena perangkat ini memang berfungsi paling baik saat dikenakan saat berpartisipasi dalam aktivitas olahraga atau rekreasi.

Selain itu, meskipun beberapa orang memakai gelang pintar mereka sepanjang hari, gelang tersebut hanya cocok untuk situasi tertentu dan tidak resmi.

Kelebihan Smartwatch

Ilustrasi smartwatch. (Freepik)Ilustrasi smartwatch. (Freepik)

1. Punya banyak fitur

Smartwatch dilengkapi dengan daftar fitur panjang yang memungkinkan Anda menggunakannya untuk berbagai tujuan. Dari menampilkan notifikasi hingga menjawab panggilan dan membalas teks dan email, semuanya dapat dilakukan dan masih banyak lagi. 

Ini benar-benar menjadi perpanjangan dari ponsel Anda sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai perangkat mandiri.

2. Layar lebih besar

Smartwatch umumnya memiliki layar lebih besar dan lebih baik, serta resolusi yang lebih baik. Dan ini adalah fitur hebat mengingat perangkat yang dapat dikenakan sudah sangat ringkas sehingga keunggulan kecil apa pun dalam hal ukuran layar sangatlah berarti.

3. Bisa instal aplikasi

Hampir semua jam tangan pintar yang tersedia di pasaran memiliki toko aplikasi di dalamnya. Ini memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi pihak ketiga.

Kelebihan Smartband

Xiaomi Band 7. (Xiaomi)Xiaomi Band 7. (Xiaomi)

1. Bentuknya yang ringkas

Banyak orang tidak menyukai desain jam tangan pintar yang besar karena terlihat seperti layar di pergelangan tangan Anda. 

Smart band lebih ramping, sempit, dan memiliki ukuran layar lebih kecil. Itu membuat smart band lebih kompak dan ringan. Hasilnya, mereka terasa lebih nyaman di tangan Anda.

2. Cadangan baterai yang sangat baik

Sebagian besar smartband dikenal memiliki cadangan baterai yang hebat dengan sekali pengisian daya. Banyak yang dapat dengan mudah bertahan selama seminggu penuh. 

Hal ini terutama disebabkan oleh dua alasan, salah satu alasannya adalah ukuran layarnya lebih kecil sehingga menawarkan resolusi yang lebih rendah. 

Dan karena mereka hampir tidak menawarkan banyak fitur seperti jam tangan pintar, mereka juga dapat mendukung OS yang lebih ringan.

3. Murah

Bahkan smartband yang  lebih premium pun harganya tidak semahal jam tangan pintar. Opsi yang terjangkau juga terjangkau jika Anda membandingkannya dengan jam tangan pintar dengan harga terjangkau. 

Dan ini adalah hal yang bagus bagi orang yang hanya ingin memantau kebugaran dan kesehatannya. Mereka bisa mendapatkan pilihan yang terjangkau dalam bentuk smart band. 

Mana yang lebih oke?

Pada dasarnya, Smartwatch merupakan perangkat yang memiliki fitur lebih lengkap ketimbang Smartband yang hanya digunakan untuk olahraga.

Oleh sebab itu, jika Anda tipe orang yang tak suka memiliki banyak perangkat, Smartwatch merupakan pilihan yang tepat karena di dalamnya juga sudah berisi fitur yang dimiliki Smartband. 

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #perbedaan #smartwatch #smartband #yang #jarang #orang #tahu

KOMENTAR