Modifikasi Lampu Lagi Ngetren Plus Bikin Keren, Hati-hati Bisa Merusak Garansi Mobil!
Ilustrasi: Melakukan modifikasi pada lampu mobil. (Daihatsu)
10:48
24 April 2024

Modifikasi Lampu Lagi Ngetren Plus Bikin Keren, Hati-hati Bisa Merusak Garansi Mobil!

Selain memodifikasi velg dan interior, modifikasi lampu mobil merupakan hal yang lazim dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Selain bertujuan menambah estetika kendaran, beberapa pemilik mobil sengaja memilih jenis lampu yang bisa memaksimalkan pencahayaan mobilnya.    Karena hal tersebut cukup penting maka modifikasi jenis ini lebih lazim ditemui di masyarakat dibandingkan kedua modifikasi tersebut. Modifikasi lampu juga saat ini sedang jadi tren    Penggantian lampu kendaraan merupakan modifikasi lampu paling umum. Selain karena lebih terjangkau, tempat-tempat yang menyediakan jasa penggantian lampu juga lebih banyak dan lebih mudah ditemui di masyarakat sehingga lebih banyak dilakukan.   

  Harga penggantian lampu sendiri bervariasi tergantung dimana Anda melakukannya dan bahan atau jenis lampu yang dipakai. Ada bengkel yang menyediakan lampu mobil sekaligus memasangkannya pada kendaraan atau membeli lampu sendiri dan memasangnya di bengkel.   Walaupun terlihat sederhana namun mengganti lampu original kendaraan sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Pastikan orang yang menggantinya merupakan teknisi ahli yang sudah berpengalaman.    Produk yang digunakan pun harus berkualitas bagus, walaupun kebanyakan lampu yang digunakan untuk modifikasi tidak dibuat oleh perusahaan otomotif namun terdapat produk yang kualitasnya tidak kalah bagus dari lampu bawaan pabrik.  

  Karena termasuk aksesori elektronik, pemasangan lampu juga harus berhati-hati. lampu yang dipasang dengan sembarangan oleh yang bukan ahlinya berisiko menyebabkan korslet yang menyebabkan kebakaran. Kerusakan kelistrikan karena ulah pemilik mobil sendiri termasuk hal yang membatalkan garansi.   Jadi bila ada kesalahan di kabel penghubungnya maka hal itu bisa mempengaruhi aki mobil bahkan menyebabkan beberapa sensor tidak berfungsi maksimal. Sementara pada mobil-mobil modern, hal ini bisa mengganggu kinerja sistem di mobil yang menyebabkan malfungsi.   "Modifikasi kelistrikan yang tidak sesuai akan membatalkan garansi. Void. Karena kan itu tidak dianjurkan. Modifikasi berupa tambahan lampu silakan saja, tapi jangan sampai yang merusak jalur aslinya," jelas perwakilan Astra Daihatsu Motor (ADM) saat ditemui JawaPos.com belum lama ini di Jakarta.  

  Alasan garansi bisa batal karena jika melakukan modifikasi yang merusak apa yang sudah dibuat dengan baik oleh pabrikan adalah karena faktor keselamatan. Itu tadi, bisa korslet atau menyebabkan kebakaran.   "Banyak yang datang ke kita, ko begini, seperti ini. Ternyata pas kita cek dia melakukan modifikasi kelistrikan, jadi rusak. Ya itu diluar tanggung jawab kita," lanjut pihak ADM.   Adapun di pasaran saat ini telah tersedia banyak sekali jenis lampu mobil. Mulai dari lampu mobil yang ditujukan untuk menghemat energi, digunakan di alam terbuka hingga ditujukan untuk hiburan. Semua lampu tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda-beda.    Trennya saat ini adalah lampu LED dengan proyektor. Aksesori atau modifikasi tersebut jadi tren karena selain gaya, juga menambah fungsi lampu mobil yang oleh sebagian orang, lampu bawaan pabrikan dirasa kurang terang.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #modifikasi #lampu #lagi #ngetren #plus #bikin #keren #hati #hati #bisa #merusak #garansi #mobil

KOMENTAR