BMW Pastikan Era Transmisi Manual Bakal Diganti Sepenuhnya dengan Transmisi Otomatis
Ilustrasi: Transmisi di mobil BMW. (BMW Blog)
12:40
12 Maret 2024

BMW Pastikan Era Transmisi Manual Bakal Diganti Sepenuhnya dengan Transmisi Otomatis

- Mobil terbaru saat ini kebanyakan sudah hadir dengan gearbox atau transmisi otomatis. Hal tersebut berlaku tidak hanya untuk mobil penumpang biasa saja, bahkan sampai kelas supercar pun saat ini mayoritas hadir dengan transmisi otomatis.

Memang ada banyak alasan untuk meninggalkan transmisi manual dan beralih sepenuhnya ke penggerak otomatis. Pertama karena alasan kenyamanan, kedua karena kebiasaan pengendara mobil saat ini kebanyakan belajar mengemudinya sudah dengan mobil matic sehingga pilihan otomatis lebih banyak dipilih.

Soal transmisi manual, Frank Weber, salah satu anggota penting dewan direksi BMW, mengatakan bahwa eranya transmisi manual di BMW bahkan sudah tamat. Termasuk model M yang berorientasi pada antusias dan penggemar kecepatan, seri tersebut juga nantinya akan banyak hadir dengan gearbox otomatis.

Para eksekutif otomotif telah mengatakan bahwa masa peralihan akan tinggal menghitung tahun dan meskipun masih ada beberapa pilihan di pasar dan jumlahnya semakin berkurang. BMW telah menjadi salah satu perusahaan terakhir yang bertahan di segmen mewah, masih menawarkan kepada pembeli M2, M3, M4, dan yang terbaru, Z4 M40i, kesempatan untuk mengatur gigi mereka sendiri, sementara Mercedes dan Audi telah menghentikan penggunaan manual.

Namun, dalam wawancara baru-baru ini dengan publikasi Italia Quattroruote, Frank Weber mengatakan “ini sudah berakhir” untuk model manual merek tersebut, dan mencatat bahwa angka penjualan untuk model tersebut tidak sesuai dengan biaya pengembangan.

Weber tidak menentukan tanggal pasti kapan BMW akan menghentikan semua opsi manualnya, tetapi mungkin dalam waktu dekat dia menambahkan, jika mereka menginginkan M manual, mereka harus membelinya sekarang.

“Ini adalah produk yang menyenangkan, tapi jujur ​​saja, volumenya semakin kecil, sehingga tidak masuk akal untuk mengembangkannya lagi,” kata Weber.

Menariknya, pernyataan Weber itu muncul hanya beberapa minggu setelah BMW meluncurkan Z4 M40i 2025 dengan opsi manual enam percepatan dan dipastikan akan dijual di Amerika Utara. Ini menandai pertama kalinya G29 Z4 dijual dengan transmisi manual di AS dan terjadi dua tahun setelah Toyota Supra tersedia dengan enam kecepatan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #pastikan #transmisi #manual #bakal #diganti #sepenuhnya #dengan #transmisi #otomatis

KOMENTAR