Dorong Pertumbuhan Startup Digital di Indonesia, Garuda Fund Gelontorkan Investasi Sebesar Rp 1,5 Triliun Lebih
Ilustrasi: Akses permodalan menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan rintisan. (IdeaBuddy).
18:16
24 Oktober 2024

Dorong Pertumbuhan Startup Digital di Indonesia, Garuda Fund Gelontorkan Investasi Sebesar Rp 1,5 Triliun Lebih

  Potensi startup atau perusahaan rintisan baru di sektor digital masih terus digenjot oleh pemerintah. Program inkubasi dan pencarian bibit statup digital baru tampaknya juga masih akan terus dilakukan.   Agaknya hal tersebut juga sejalan dengan target pemerintahan baru saat ini, mengacu pada janji Presiden Prabowo Subianto saat kampanye lalu yakni pertumbuhan ekonomi delapan persen. Salah satu yang digenjot adalah potensi ekonomi digital.   Berkontribusi mendorong hal tersebut,  PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama dengan perusahaan  induknya MUFG beserta anggota grup perusahaannya, termasuk Adira Finance, Home Credit Indonesia, dan Zurich Asuransi Indonesia mengumumkan langkah terbaru mereka untuk pertumbuhan startup di Indonesia melalui investasi strategis dan kolaborasi.   

  Sebagai bagian dari satu grup keuangan terpercaya, Danamon dan MUFG mengklaim menyadari pentingnya peran startup dalam menggerakkan perekonomian digital Indonesia, terutama karena Indonesia menempati urutan  keenam di dunia dalam jumlah startup, dengan lebih dari 2.562 startup per Januari 2024.    Menurut  Startup Ranking, Indonesia menjadi negara dengan jumlah startup terbanyak di ASEAN, menandakan potensi yang sangat besar bagi pengembangan ekosistem startup di Tanah Air. Dalam mendukung pertumbuhan startup ini, Danamon mengumumkan investasi, dan partisipasi dalam berbagai acara yang melibatkan pelaku startup di Indonesia.    Salah satu inisiatif utama yang dilakukan Danamon adalah melalui MUFG Innovation Garuda No. 1 Limited Investment Partnership (MUIP Garuda Fund), sebuah dana investasi sebesar USD 100 juta  yang berkolaborasi bersama MUFG dan MUIP.   

  Dana ini diklaim bertujuan untuk mendukung pertumbuhan startup di Indonesia, terutama yang bergerak di sektor digital dan fintech. Investasi ini difokuskan pada startup tahap Seri A ke atas, dengan rata-rata investasi sebesar USD 5 juta per startup.    “Dengan total alokasi dana sebesar USD 100 juta, MUIP Garuda Fund berfokus pada investasi startup tahap Seri A ke atas. Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia, termasuk melalui pengembangan sinergi bisnis yang memperkuat jaringan, meningkatkan kapabilitas digital, dan memperluas kolaborasi dengan pelaku fintech di Indonesia," kata Ryusuke Hirota, Director overseeing Southeast Asia investments, MUIP melalui keterangannya.   Jin Yoshida, Global Alliance Strategy Director, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, menyampaikan dalam kesempatan yang sama, Danamon, MUFG, dan MUIP terus berupaya mendukung pertumbuhan startup di Indonesia melalui pendanaan dari MUIP Garuda Fund.   

  "Kami juga aktif melakukan investment matching seperti yang telah kami lakukan di Danamon Investment Matching Fair, sebagai bagian dari komitmen kami untuk memperluas ekosistem bisnis digital dan meningkatkan kolaborasi dalam sektor keuangan," ungkapnya.   Dirinya berharap, melalui penyelenggaraan investment matching ini, pihaknya dapat mengidentifikasi peluang untuk memberikan dana investasi kepada startup yang dinilai memiliki potensi untuk bertumbuh dan menjadi sukses.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #dorong #pertumbuhan #startup #digital #indonesia #garuda #fund #gelontorkan #investasi #sebesar #triliun #lebih

KOMENTAR