Amankah Memperbarui Aplikasi Sistem HyperOS Secara Manual?
Xiaomi HyperOS [Xiaomi]
13:32
4 Oktober 2024

Amankah Memperbarui Aplikasi Sistem HyperOS Secara Manual?

Xiaomi terus meluncurkan pembaruan untuk HyperOS. Namun, mungkin ada pengguna yang mempertanyakan keamanan untuk memperbarui aplikasi sistem HyperOS secara manual.

Menurut Xiaomi Time, pembaruan aplikasi sistem secara manual aman dilakukan asalkan pengguna menggunakan sumber yang tepercaya.

Salah satunya adalah menggunakan MemeUI 2.0 Enhancer. Faktanya, aplikasi tersebut dulunya disebut HyperOS Downloader yang kemudian berganti nama.

Pengguna setia Xiaomi mungkin tahu bahwa aplikasi ini membagikan versi terbaru aplikasi sistem HyperOS yang diekstrak dari pembaruan sistem Xiaomi.

Baca Juga: Xiaomi Ikut Tren Dynamic Island: Begini Cara Coba di HyperOS!

Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk perangkat Xiaomi, namun juga untuk Redmi dan Poco. Berikut ini beberapa alasan mengapa aman untuk memperbarui aplikasi sistem HyperOS secara manual:

  • Ekstraksi dari sumber resmi: Aplikasi yang dibagikan di MemeUI 2.0 Enhancer diekstraksi langsung dari pembaruan resmi Xiaomi. Artinya, tidak ada intervensi dari pihak ketiga untuk memodifikasi aplikasi, yang menunjukkan keaslian dan keamanannya tetap terjaga.
  • Pencocokan signature: Aplikasi sistem Xiaomi sudah ditandai dengan signature digital yang unik. Setiap kali pengguna mencoba memperbarui aplikasi secara manual, perangkat akan membandingkan signature versi baru dengan yang terinstal. Jika tidak cocok, penginstalan tidak akan selesai. Itu berfungsi sebagai semacam jaring pengaman karena pengguna tidak dapat menginstal aplikasi yang berbahaya atau tidak kompatibel secara tidak sengaja.
  • Versi global dan China: Aplikasi sistem HyperOS didukung secara universal, artinya semua perangkat Xiaomi di China dan global akan menjalankannya dengan baik. Untuk aplikasi khusus wilayah, pengguna harus mengunduh versi global atau China di bagian unduhan khusus.
Ilustrasi Xiaomi HyperOS. [Unsplash/Andrey Matveev]Ilustrasi Xiaomi HyperOS. [Unsplash/Andrey Matveev]

Cara aman memperbarui aplikasi sistem HyperOS

Berikut ini adalah cara aman untuk memperbarui secara manual menggunakan perangkat lunak seperti MemeUI 2.0 Enhancer:

1. Periksa sumbernya

Selalu pastikan pengguna mengunduh dari platform tepercaya. HyperOS Downloader adalah opsi yang andal karena mengekstrak aplikasi langsung dari pembaruan Xiaomi.

Baca Juga: 3 Cara Scan Dokumen Jadi PDF Pakai HP dengan Mudah dan Praktis!

2. Periksa kompatibilitas

Beberapa aplikasi memiliki versi yang berbeda untuk ROM global dan China. Jika tersedia, pilih yang sesuai dengan perangkat pengguna. Jika tidak ada versi yang disebutkan, aplikasi tersebut kurang lebih aman untuk semua wilayah.

3. Instalasi harus tepat

Sebelum instalasi, pastikan versi pembaruan aplikasi lebih baru dari yang pengguna miliki saat ini. Jika terjadi kegagalan pembaruan, mungkin karena signature tidak cocok dengan instalasi untuk menghindari pembaruan yang tidak diinginkan.

Selain aman, terdapat beberapa manfaat memperbarui aplikasi sistem HyperOS secara manual. Beberapa di antaranya adalah pengguna dapat mengakses fitur baru lebih awal, peningkatan performa, siklus pembaruan yang lebih cepat, dan kompatibilitas universal.

Memperbarui aplikasi sistem secara manual dari HyperOS seharusnya aman, selama pengguna mengunduhnya dari sumber tepercaya, seperti HyperOS Downloader (MemeUI Enhancer).

Dengan ini, pengguna dapat memperbarui aplikasi sistem secara manual untuk mencoba fitur-fitur baru dan terkadang meningkatkan kinerja sebelum siklus pembaruan OTA resmi.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #amankah #memperbarui #aplikasi #sistem #hyperos #secara #manual

KOMENTAR