Ribuan Pager Hizbullah Meledak Serempak, Masih Amankah Pakai HP?
Ilustrasi pager dan HP 
12:30
19 September 2024

Ribuan Pager Hizbullah Meledak Serempak, Masih Amankah Pakai HP?

Lebanon mengalami ledakan gelombang radio tahap kedua.

Rabu (18/9/`2024) kemarin walkie-talkie yang juga digunakan oleh anggota Hizbullah di Lebanon, ikut meledak.

Sehari sebelumnya, pager (penyeranta) anggota Hizbullah meledak menewaskan belasan orang termasuk anak-anak dan melukai lebih dari 3.000 orang.

Ledakan meluas hingga ke Suriah, dengan korban jiwa tercatat di berbagai wilayah.

Insiden ini telah menimbulkan banyak pertanyaan tentang bagaimana ledakan tersebut terjadi.

Pertanyaan lainnya?

Apakah kejadian serupa bisa terjadi pada perangkat modern seperti ponsel pintar, headphone (HP) nirkabel seperti Airpods, dan perangkat lain yang selalu kita bawa kemana-mana?

Pertama, apa itu pager dan walkie-talkie?

Untuk memahami apa yang terjadi, pertama-tama kita harus mengetahui perangkat apa saja yang meledak selama dua hari terakhir ini.

Pager adalah perangkat elektronik nirkabel portabel yang umum digunakan sebelum munculnya telepon seluler. 

Alat ini digunakan untuk menerima pesan teks singkat atau pemberitahuan berisi nomor telepon penelepon untuk meminta komunikasi.

Perangkat ini digunakan untuk komunikasi cepat dalam situasi darurat atau dalam situasi di mana individu tidak dapat menjawab panggilan secara langsung. 

Setelah munculnya ponsel pintar, penggunaan pager menurun secara signifikan.

Namun pager masih digunakan di beberapa sektor seperti layanan kesehatan karena kebutuhan akan komunikasi yang cepat dan dapat diandalkan.

Ada dua jenis utama pager

 

Pager khusus penerima: Ini adalah perangkat yang dirancang untuk menerima pesan atau pemberitahuan dari pihak pengirim tertentu dan tidak dapat digunakan untuk mengirim pesan. 

Biasanya digunakan di rumah sakit dan pabrik karena tujuannya adalah untuk memberi tahu karyawan tentang tugas baru atau situasi darurat.

Menerima dan mengirim pager ini adalah perangkat yang dirancang untuk mengirim dan menerima pesan teks, namun kemampuannya sangat terbatas dibandingkan dengan ponsel pintar saat ini.

Pager muncul pada tahun 1950-an dan berkembang secara signifikan selama beberapa dekade berikutnya.

Pada tahun 1980-an dan 1990-an, pager umum digunakan di kalangan dokter, pengusaha, dan pejabat pemerintah.

Namun dengan munculnya telepon seluler pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, penggunaan telepon seluler mulai digunakan maka pager mulai menurun secara signifikan, sehingga kini menjadi teknologi yang ketinggalan jaman.

Namun, dokter di rumah sakit masih lebih memilih perangkat ini untuk menyampaikan pesan dengan cepat dan akurat dan pager juga rutin digunakan di fasilitas medis di Lebanon.

Perangkat walkie-talkie:

Adapun walkie-talkie atau disebut juga perangkat komunikasi audio nirkabel  adalah perangkat elektronik kecil yang digunakan untuk komunikasi suara langsung antara dua orang atau lebih dalam jarak pendek hingga menengah memungkinkan percakapan dua arah.

Anggota Hizbullah mengandalkan pager dan walkie-talkie untuk menghindari intersepsi komunikasi mereka oleh intelijen Israel, sehingga memungkinkan mereka mengirim pesan terenkripsi tanpa mengungkapkan lokasi mereka.

Bagaimana ledakan itu terjadi?

Sejak pager mulai meledak di Lebanon, banyak teori mulai beredar tentang mekanisme yang digunakan untuk mengubah perangkat elektronik sederhana dan kuno ini menjadi senjata berbahaya, yang merenggut nyawa banyak orang.

Laporan sejauh ini menunjukkan bahwa operasi ini bukan hanya serangan cyber sederhana, melainkan proses yang kompleks dan multi-tahap.

Karena teori baterai litium yang terlalu panas melalui sinyal nirkabel untuk meledak dengan cara ini sangatlah sulit dan tidak meyakinkan.

Karena suhu baterai yang tinggi hanya menyebabkan pembakarannya, bukan ledakannya, maka hal yang paling logis di sini adalah memasang jebakan pada perangkat tersebut dengan bahan peledak selama tahap pembuatan.

The New York Times mengutip informasi para pejabat bahwa Israel menanam bahan peledak di dalam sejumlah pager, yang diimpor Hizbullah dari sebuah perusahaan Taiwan awal tahun ini.

Para pejabat mengatakan bahwa Hizbullah meminta lebih dari 3.000 perangkat komunikasi nirkabel dari perusahaan Taiwan Gold Apollo.

Israel menanam sejumlah kecil bahan peledak di samping baterai perangkat tersebut dengan tujuan melakukan operasi pengeboman skala besar yang menargetkan anggota partai dan sekutu di wilayah tersebut.

Beberapa pejabat juga mengatakan bahwa pager yang dipesan oleh Hizbullah dari perusahaan Taiwan telah dirusak sebelum tiba di Lebanon, dan sebagian besar alat peledak adalah model AR924, meskipun tiga model lain dari perusahaan yang sama juga disertakan dalam pengiriman.

Pager yang ditargetkan menerima sinyal palsu yang tampaknya berasal dari pimpinan Hizbullah.

Sinyal ini berfungsi sebagai saklar yang mengaktifkan bahan peledak yang ditanam sebelumnya.

Para ahli percaya bahwa serangan terhadap perangkat pager adalah serangan yang sangat canggih, dan dilakukan oleh Israel dalam beberapa tahap bekerja sama dengan pihak lain.

Namun, mereka mengesampingkan terulangnya serangan serupa dalam skala besar, dan menekankan bahwa perangkat konsumen tidak terulang kembali sasaran empuk untuk operasi rumit seperti itu.

Di sisi lain, para ahli menunjuk lemahnya rantai pasokan sebagai salah satu kemungkinan penyebab insiden ini.

Produsen kontrak dapat mengeksploitasi rantai ini untuk memasukkan bahan-bahan berbahaya ke dalam produk jadi, sehingga sulit untuk menetapkan tanggung jawab dan melacak sumber ancaman tersebut.

Apa itu perangkat ICOM?

Untuk membandingkan kejadian ini dengan kejadian sebelumnya, kita bisa mengingat kejadian ponsel Samsung (Galaxy Note 7) yang terjadi pada tahun 2016.

Setelah ponsel dipasarkan, mulai bermunculan laporan baterai ponsel meledak secara acak hingga berujung pada kebakaran kecil dan beberapa pengguna mengalami luka bakar ringan.

Namun jumlah kejadian tersebut terbatas dan tidak terjadi secara bersamaan, seperti yang terjadi di Lebanon.

Terlebih lagi, baterai pada saat itu tidak meledak seperti yang terjadi di Lebanon, melainkan hanya terbakar dan luka maksimal yang dialami pengguna adalah luka bakar ringan.

Insiden ledakan pager dan walkie-talkie menimbulkan kekhawatiran serius mengenai keamanan siber dan perangkat yang terhubung ke Internet.

Sekaligus menggarisbawahi perlunya memperkuat langkah-langkah keamanan di semua tahap siklus hidup produk, mulai dari manufaktur hingga distribusi hingga penggunaan.

Sehingga perangkat elektronik portabel tidak akan berisiko meledak kecuali dimodifikasi dan ditanamkan bahan peledak sebelum dijual.

Sumber: Al Arabiya

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #ribuan #pager #hizbullah #meledak #serempak #masih #amankah #pakai

KOMENTAR