iPhone 16 Akan Dibekali Fitur AI, Ada Chatbot yang Bisa Ringkas Dokumen dan Merespon Perintah
Aplikasi siri yang ada pada iPhone 16 bisa menjawab pertanyaan kompleks dari aplikasi Messages, serta melengkapi kalimat secara otomatis dengan lebih efektif. 
14:18
22 Januari 2024

iPhone 16 Akan Dibekali Fitur AI, Ada Chatbot yang Bisa Ringkas Dokumen dan Merespon Perintah

iPhone 16 yang akan segera diluncurkan Apple dalam waktu dekat akan punya fitur-fitur yang makin canggih, satu diantaranya adalah fitur kecerdasan buatan atau fitur AI eksklusif.

Apple sendiri hingga kini belum mengungkapkan kapan iPhone 16 akan rilis ke pasar. Namun menurut kabar yang beredar ponsel canggih ini akan dibekali dengan fitur AI yang hadir dalam pembaruan IOS 18.

Apple menggandeng sejumlah tim pengembangan AI handal diantaranya seperti John Giannandrea sebagai SVP of Machine Learning and AI Strategy Apple, Craig Federighi sebagai SVP of Software Engineering Apple, dan Eddy Cue yang menjabat sebagai Head of Services Apple.

Melansir dari Macrumors, berikut daftar fitur AI yang akan disematkan Apple ke iPhone 16.

Dengan fitur baru pada iOS 18 ini, nantinya aplikasi siri yang ada pada iPhone 16 bisa menjawab pertanyaan kompleks dari aplikasi Messages, serta melengkapi kalimat secara otomatis dengan lebih efektif.

Fitur AI juga akan disertakan pula untuk meringkas dokumen dan menerjemahkan konten.

Apple juga dikabarkan akan menggunakan model LLM atau Large Language Model miliknya sendiri untuk merombak Siri, asisten digital mereka yang biasa hadir di iPhone.

iPhone 16 diprediksi memiliki fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang serupa dengan apa yang dilakukan Google dan Samsung yakni bisa mengubah teks-ke-gambar.

Bocoran lainnya menyebut bahwa seri iPhone 16 juga akan dapat membantu pengguna memerintahkan siri untuk membuat playlist khusus dalam aplikasi Apple Music, mirip dengan yang telah dilakukan oleh Spotify.

Tombol Khusus di iPhone 16 untuk Rekam Video

Hal menarik lainnya dari iPhone 16 series yang akan segera meluncur adalah, dia juga akan dilengkapi tombol Capture Button yang berfungsi untuk merekam video.

Kehadiran Capture Button di iPhone 16 series sebelumnya telah dirumorkan oleh analis MacRumors beberapa bulan yang lalu.

Dalam laporannya, analis Apple terkemuka itu menyebut bahwa Capture Button akan berada di posisi kiri ponsel, tepatnya di bawah tombol volume dan Action Button,

Adapun tombol ini nantinya memiliki desain kapasitif dengan haptic feedback serta sensor yang bisa mendeteksi tekanan, dengan begitu pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol untuk membuka kamera dan mulai merekam video.

Kamera iPhone 16 Tak Lagi Gunakan Desain Boba

Berbeda dari gawai Apple sebelumnya, ponsel canggih ini tak lagi menyematkan kamera belakang yang menonjol seperti iPhone 15.

Dalam unggahan laman Tom's Guide, kamera iPhone 16 tampak tersusun secara vertikal dan tidak memiliki kamera boba yang menonjol seperti gawai iPhone 14 dan iPhone 15.

Bocoran seri iPhone 16 Seri iPhone 16 juga akan dapat membantu pengguna memerintahkan siri untuk membuat playlist khusus dalam aplikasi Apple Music, mirip dengan yang telah dilakukan oleh Spotify.

Justru konfigurasi kamera iPhone 16 dibuat mirip seperti pola desain kamera belakang iPhone 11.

Banyak analis memprediksi bahwa desain baru ini sengaja dimaksudkan agar gawai anyar besutan Apple bisa menyematkan kamera ultra wide beresolusi 12 MP. serta fitur zoom optik dengan perbesaran 5x.

Kapasitas RAM iPhone 16 Sebesar 8GB

Analis Apple kondang, Jeff Pu pada Haitong International Securities menyebut, ada kemungkinan Apple akan menggunakan RAM 8GB di seluruh lini iPhone 16 dan iPhone 16 Pro. Ini jelas merupakan peningkatan signifikan untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Lebih unggul ketimbang seri iPhone 15 yang rilis sebelumnya, dimana saat itu Apple hanya memberikan kapasitas RAM 6 GB untuk perangkatnya tersebut.

Selain itu, iPhone 16 Series yang akan rilis dalam waktu dekat nantinya juga akan mendapat konektivitas Wi-Fi 6E yang sebelumnya sudah digunakan di iPhone 15 Pro.

Mengenai chipset, iPhone 16 Series yang akan rilis di tahun 2024 ini disebut-sebut menggunakan chipset A18 terbaru dari keluarga Apple. Sedangkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ditenagai oleh A18 Bionic

iPhone 16 Punya Layar Jumbo

Perubahan lainnya yang mencolok pada iPhone 16 yakni terletak pada desain layar, iPhone 16 dilaporkan memiliki layar 6,3 inci sedangkan iPhone 16 Pro Max akan menyematkan layar 6,9 inci dengan refresh 60Hz

Peningkatan ini kabarnya sengaja dilakukan Apple agar menciptakan lebih banyak ruang internal untuk perangkat keras seperti teknologi kamera dan baterai yang lebih besar.

Gebrakan ini juga bisa membuat Apple lebih bersaing dengan kompetitor utamanya seperti Samsung yang telah lebih dulu merilis gawai dengan layar jumbo.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #iphone #akan #dibekali #fitur #chatbot #yang #bisa #ringkas #dokumen #merespon #perintah

KOMENTAR