Apa Itu Hilirisasi Digital? Sempat Disebut Gibran Rakabuming dalam Debat Cawapres
Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar beradu gagasan dengan Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat debat Capres-Cawapres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Mnggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:16
22 Januari 2024

Apa Itu Hilirisasi Digital? Sempat Disebut Gibran Rakabuming dalam Debat Cawapres

Usai gelaran Debat Cawapres yang berlangsung Minggu malam (21/1/2024), gagasan Gibran Rakabuming mengenai hilirisasi digital menjadi perbincangan hangat. Menuai debat panas, apa itu hilirisasi digital?

Sempat disinggung di Debat Cawapres pertama, hilirisasi digital kembali menjadi sorotan calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

Berbicara terkait sumber daya alam di Indonesia, Gibran Rakabuming kembali menyinggung hilirisasi. Program hilirisasi ini berkaitan dengan Indonesia sebagai cadangan nikel terbesar di dunia bersama dengan timah.

Tidak hanya fokus pada tambang, pertanian dan maritim, putra sulung Jokowi ini juga berharap agar terjadinya hilirisasi digital di masa mendatang.

"Hilirisasi wajib dilanjutkan dan diperluas cakupannya. Bukan hanya di sektor pertambangan, melainkan juga pertanian, sektor maritim hingga hilirisasi digital. Kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah," ujar Gibran Rakabuming.

Lalu apa itu hilirisasi digital yang sempat berkali-kali diucap oleh Gibran Rakabuming dalam masa Debat Cawapres yang berlangsung beberapa waktu lalu?

Menurut Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Budiman Sudjatmiko, hilirisasi digital adalah upaya mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet untuk membangun industri perangkat digital.

Budiman Sudjatmiko menyebut bahwa pemberian akses internet dan literasi digital untuk masyarakat merupakan salah satu wujud hilirisasi digital yang dilakukan hingga menyentuh kawasan yang tidak terjangkau.

Hilirisasi digital yang digagas oleh pasangan Prabowo dan Gibran Rakabuming ini diharapkan dapat mengoptimalkan sumber daya manusia dalam sektor digital untuk mengembangkan blockchain, AI, machine learning hingga bid data analytics.

Lebih lanjut, Budiman Sudjatmiko menyelaskan apa itu hilirisasi digital sebagai usaha pemerintah melakukan digitalisasi pada rantai pasok industri strategis di Tanah Air.

Besar harapannya nanti, beberapa industri akan bekerja berdampingan dengan kemajuan teknologi. Misalnya untuk pertanian, petani dapat mengupayakan teknologi guna pengembangan pupuk dan bibit unggul.

Tidak hanya itu, perpaduan antara teknologi dan pertanian ini juga bisa membantu pengembangan IOT Smartfarming atau e-commerce yang hadir khusus untuk pangan nantinya.

Hilirisasi digital yang digarap oleh pasangan Prabowo dan Gibran Rakabuming ini bertujuan untuk menghadirkan ekosistem DNA (Device, Network dan Application) yang memberikan pengaruh besar pada nilai ekonomi di masa mendatang.

Sempat beberapa kali disebut dan menjadi perbincangan hangat di media sosial, itu tadi ulasan lengkap mengenai apa itu hilirisasi digital yang semalam ini digagas oleh Gibran Rakabuming.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #hilirisasi #digital #sempat #disebut #gibran #rakabuming #dalam #debat #cawapres

KOMENTAR