Daftar Pemain Termahal Timnas Indonesia: Maarten Paes Geser Sandy Walsh, Thom Haye Masih No.1
Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes. (Instagram/maartenpaes)
18:00
19 Agustus 2024

Daftar Pemain Termahal Timnas Indonesia: Maarten Paes Geser Sandy Walsh, Thom Haye Masih No.1

Daftar pemain termahal Timnas Indonesia mengalami perubahan setelah hadirnya Maarten Paes. Meski demikian, Thom Haye masih menempati urutan teratas.

Maarten Paes resmi bisa bermain untuk Timnas Indonesia setelah FIFA memberi lampu hijau perihal proses perpindahan asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Kehadiran kiper FC Dallas itu diharapkan mampu mengatasi masalah Timnas Indonesia di sektor penjaga gawang.

Paes, yang memiliki nilai pasar Rp26,07 miliar, menjadi salah satu pemain Indonesia termahal saat ini. Meski demikian, dia cuma menduduki urutan keempat.

Baca Juga: Pratama Arhan Makin Tenggelam di Suwon FC, Tiba-tiba Hilang saat Tim Gacor di Liga Korea

Berikut lima pemain Indonesia dengan status 'termahal' saat ini:

5. Sandy Walsh

Sandy Walsh bagikan kabar bahagia akan segera menikah pada 15 Agustus 2024. (Instagram/@sandywalsh)Sandy Walsh bagikan kabar bahagia akan segera menikah pada 15 Agustus 2024. (Instagram/@sandywalsh)

Nilai pasar bek KV Mechelen, Walsh, ditaksir Rp22,06 miliar. Ini menjadikannya pemain termahal keenam di klub dan peringkat ke-186 di Jupiler Pro League.

Sebagai andalan bek kanan Timnas Indonesia, Walsh telah tampil 12 kali sejak debutnya pada 8 September 2023, mencetak satu gol dan satu assist.

4. Maarten Paes

Baca Juga: Cerita Heroik Maarten Paes Lakukan Ratusan Penyelamatan Gawang, Kiper Hampir Sempurna di Liga Amerika Serikat

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes. (Instagram/maartenpaes)Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes. (Instagram/maartenpaes)

Maarten Paes menempati posisi keempat dalam daftar pemain 'termahal' Timnas Indonesia dengan nilai pasar Rp26,07 miliar.

Penjaga gawang FC Dallas ini juga menjadi pemain termahal kesembilan di klubnya dan ke-265 di MLS.

Setelah perubahan asosiasinya dikabulkan FIFA, Paes berpeluang tampil di laga perdana Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi pada 5 September 2024.

3. Jay Idzes

Jay Idzes dilaporkan harus absen melawan Lazio. (Instagram/@jayidzes)Jay Idzes dilaporkan harus absen melawan Lazio. (Instagram/@jayidzes)

Nilai pasar bek Venezia, Idzes, ditaksir Rp43,45 miliar, menjadikannya pemain termahal ketiga di Timnas Indonesia, kedelapan di klub dan ke-335 di Serie A.

Sebagai andalan pertahanan Indonesia, Idzes telah tampil tiga kali sejak debutnya pada 21 Maret 2024, mencetak satu gol dan kokoh dalam mengadang serangan lawan.

2. Calvin Verdonk

Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes (Kanan) dan Calvin Verdonk (Kiri). (Instagram/jayidzes)Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes (Kanan) dan Calvin Verdonk (Kiri). (Instagram/jayidzes)

Bek NEC Nijmegen, Verdonk, memiliki nilai pasar Rp43,45 miliar, menjadikannya pemain termahal kedua di Timnas Indonesia, keenam di klub dan ke-102 di Eredivisie.

Debutnya untuk Timnas Indonesia terjadi pada 11 Juni 2024 melawan Filipina. Meski baru satu kali tampil, Verdonk diharapkan menjadi andalan di bek sayap kiri.

1. Thom Haye

Selebrasi Thom Haye selepas menciptakan gol untuk Indonesia ke gawang Filipina (pssi.org)Selebrasi Thom Haye selepas menciptakan gol untuk Indonesia ke gawang Filipina (pssi.org)

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye memiliki nilai pasar Rp52,14 miliar.

Setelah kontraknya dengan Heerenveen berakhir pada Juli, ia belum mendapat klub baru tetapi digadang-gadang bakal kembali ke AZ Alkmaar.

Debutnya untuk Timnas Indonesia terjadi pada 26 Maret 2024, dengan satu gol dan satu assist dalam tiga penampilan.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #daftar #pemain #termahal #timnas #indonesia #maarten #paes #geser #sandy #walsh #thom #haye #masih

KOMENTAR