PSSI Bongkar Alasan Laga Timnas Indonesia vs Australia Pindah Venue dari GBT ke GBK
Suasana pengerjaan revitalisasi rumput lapangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (26/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:48
6 Agustus 2024

PSSI Bongkar Alasan Laga Timnas Indonesia vs Australia Pindah Venue dari GBT ke GBK

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya buka suara terkait keputusan mengganti venue laga Timnas Indonesia vs Australia dari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Menurut anggota Exco PSSI Arya Sinulingga, perubahan ini dilakukan karena beberapa alasan, baik teknis maupun non teknis.

PSSI disebut terus berkomunikasi dengan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) terkait progres revitalisasi rumput stadion berkapasitas 78.000 penonton itu.

Arya menyebut PPKGBK berkomitmen untuk secepatnya menyelesaikan proses revitalisasi rumput stadion GBK agar siap dijadikan markas Timnas Indonesia dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Breaking News! Pemain Klub Australia Brisbane City FC Tertarik Bela Timnas Indonesia

"Kami kemarin kunjungan ke GBK, sedang progres terus terkait rumput. Mereka juga katanya sedang mencari rumput di daerah Jawa untuk secepatnya memperbaiki rumput untuk putaran ketuga," kata Arya Sinulingga kepada awak media, Selasa (6/8/2024).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (Suara.com/Achmad Fauzi).Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (Suara.com/Achmad Fauzi).

Menurut Arya, GBK kembali dipilih karena selain siap secara teknis, juga cocok dengan keinginan PSSI yang memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya bagi penonton untuk bisa menyaksikan perjuangan Timnas Indonesia secara langsung.

"Karena kita ingin berikan ruang-ruang besar kepada suporter dan penonton untuk secara kapasitas bisa banyak untuk menonton di GBK. Bisa sampai 65 sampai 70 ribu penonton," kata Arya.

"Kami harapkan dengan begitu makin banyak orang yang berpartisipasi. Lebih ke situ, selain kesiapan teknis," tambahnya.

Timnas Indonesia tergabung di Grup C pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka akan bersaing dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Baca Juga: Breaking News! PSSI Bantah Biaya Carter Pesawat Timnas Indonesia Pakai APBN

Skuad Garuda dijadwalkan memainkan laga pertama Grup C dengan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 September mendatang, sebelum menjamu Australia lima hari berselang.

Sebelum memilih GBK, PSSI berencana untuk menggunakan Stadion GBT sebagai markas Timnas Indonesia saat menjamu Australia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pssi #bongkar #alasan #laga #timnas #indonesia #australia #pindah #venue #dari

KOMENTAR