Disebut Belum Level Asia, Timnas Indonesia Diminta Buktikan Diri di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, telah menetapkan target ambisius untuk skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Instagram Shin Tae-yong)
19:42
1 Agustus 2024

Disebut Belum Level Asia, Timnas Indonesia Diminta Buktikan Diri di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pengamat sepak bola, Kesit Budi Handoyo menilai Timnas Indonesia belum mencapai level Asia. Karena itu, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dianggap jadi ujian sekaligus ajang pembuktian tim asuhan Shin Tae-yong.

Skuad Garuda untuk pertama kali dalam sejarah berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Hal itu menyamai pencapaian Vietnam dan Thailand yang masing-masing jadi wakil ASEAN di putaran ketiga pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan 2022.

Meski telah membuktikan mampu bersaing untuk melaju ke fase yang sebelumnya cuma jadi angan-angan, Kesit menganggap Timnas Indonesia masih perlu membuktikan diri.

Dia mengakui Timnas Indonesia mengalami kemajuan pesat di bawah asuhan Shin Tae-yong yang menduduki kursi pelatih sejak 2019.

Baca Juga: Kabar Buruk Banget dari Maarten Paes Jelang Putusan Sidang CAS soal Nasib Jadi Kiper Timnas Indonesia

Peningkatan Ranking FIFA hingga melajunya Garuda ke event-event besar seperti Piala Asia 2023 telah jadi bukti nyata.

Namun, berkaca kekuatan Garuda saat ini, Timnas Indonesia dianggap harus membuktikan diri. Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dianggap bakal jadi ujian sekaligus wadah membuktikan hal itu.

"Harus diakui memang level kita masih seperti itu. Kita baru mau mendekati level Asia," kata Kesit saat berbincang dengan beberapa waktu lalu.

Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak 16 besar. Di fase grup, tim Merah Putih kalah 1-3 dari Iran dan Jepang tetapi berhasil mengalahkan Vietnam 1-0.

Hasil itu sudah cukup membawa Timnas Indonesia ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik. Di fase gugur, langkah Marselino Ferdinan dan kawan-kawan harus terhenti di tangan Australia dengan skor 0-4.

Baca Juga: Persiapan TC di Korea, Jens Raven Justru Tinggalkan Timnas Indonesia, Apa Alasannya?

Melihat hasil yang diraih, Timnas Indonesia cuma bisa mengalahkan Vietnam yang merupakan tim Asia Tenggara. Sementara tiga kekalahan didapat saat menghadapi lawan-lawan yang di atas kertas lebih baik.

Kesit pun berharap Timnas Indonesia bisa terhindar dari hasil buruk yang didapatkan Vietnam dan Thailand yang sama-sama jadi juru kunci di putaran ketiga.

Sebagai informasi, Shin Tae-yong menargetkan Timnas Indonesia bisa finis empat besar di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Posisi itu diincar agar Garuda bisa melangkah ke putaran keempat dengan target realistis lolos ke Piala Dunia 2026 melalui jalur playoff.

"Ini bisa dijadikan pengalaman juga untuk bisa menjadikan level Indonesia naik. Bisa menembus empat besar [putaran ketiga]," jelas Kesit.

Timnas Indonesia akan memulai Grup C putaran ketiga dengan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 September 2024. Setelahnya, Garuda akan menjamu Australia lima hari berselang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #disebut #belum #level #asia #timnas #indonesia #diminta #buktikan #diri #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR