Sahkan Gol Offside Irak, Wasit Thailand Kembali Jadi Petugas VAR Timnas Indonesia vs Vietnam
Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-udom. (Dok. Tuoitre.vn)
16:06
19 Januari 2024

Sahkan Gol Offside Irak, Wasit Thailand Kembali Jadi Petugas VAR Timnas Indonesia vs Vietnam

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menunjuk wasit Thailand, Sivakorn Pu-Udom sebagai petugas video assistant referee (VAR) dalam laga Timnas Indonesia vs Vietnam.

Duel Timnas Indonesia melawan Vietnam akan tersaji dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Penunjukkan Sivakorn Pu-Udom sebagai wasit VAR bikin banyak penggemar Timnas Indonesia menumpahkan kekecewaan di media sosial.

Vietnam saat menghadapi Jepang dalam fase grup Piala Asia 2023 (the-afc.com)Vietnam saat menghadapi Jepang dalam fase grup Piala Asia 2023 (the-afc.com)

Pasalnya, Sivakorn Pu-Udom juga merupakan petugas VAR ketika Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak. Saat itu, dia bertugas sebagai asisten dari wasit VAR Salman Falahi asal Qatar.

Sebagai informasi, duel Indonesia vs Irak menyisakan kontroversi. Gol kedua Irak dituding pelatih Shin Tae-yong tak sah karena terdapat insiden offside dalam prosesnya.

Namun, saat Shin Tae-yong melakukan protes kepada ofisial keempat di pinggir lapangan, VAR sama sekali tidak digunakan untuk mengulas hal itu. Wasit pun tetap mengesahkan gol kedua Irak.

Kini, jelang laga Indonesia vs Vietnam, Sivakorn Pu-Udom dipastikan AFC bakal kembali terlibat sebagai ofisial pertandingan dengan jabatan yang naik, dari asisten menjadi wasit VAR.

Akun X yang membahas sepak bola Thailand, @ThaiFootballs bahkan mewanti-wanti fans Timnas Indonesia agar tidak menyerang dirinya andai Sivakorn Pu-Udom "bikin ulah" di laga nanti.

"Ngomong-ngomong, jika sesuatu terjadi, tolong jangan mengganggu akun saya," tulis @ThaiFootballs dikutip pada Jumat (19/1/2024).

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (Kanan) Saat Laga Perdana Kontra Irak. (pssi.org)Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (Kanan) Saat Laga Perdana Kontra Irak. (pssi.org)

Sementara dalam kolom komentar cuitan akun @UpdateBolabola, banyak fans Timnas Indonesia yang menyampaikan kekecewaannya terhadap keputusan AFC menunjuk Sivakorn Pu-Udom sebagai petugas VAR.

"Udah gabung grup neraka, dapat wasit agak kurang, ekspektasi masyarakat besar, yang sabar Timnas Indonesia," tulis @vaya******.

"Alamat bakal dicurangi lagi nih," timpal @radit********.

"Ingin dipimpin wasit Jepang deh, perasaan dari kemarin wasitnya pada nggak enak semua," tulis @helo*****.

Pertandingan antara Vietnam dan Timnas Indonesia diyakini akan menjadi penentu nasib kedua negara dalam turnamen ini. Jika gagal meraih poin penuh, peluang mereka untuk melangkah ke babak 16 besar akan sangat tipis.

Saat ini, Timnas Indonesia menduduki peringkat keempat atau terakhir dalam klasemen Grup D dengan nol poin, yang sejajar dengan posisi Vietnam, namun kalah dalam jumlah gol yang dicetak.

Pada matchday terakhir Grup D, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Jepang, sementara Vietnam akan menghadapi Irak.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #sahkan #offside #irak #wasit #thailand #kembali #jadi #petugas #timnas #indonesia #vietnam

KOMENTAR