Siapa Kensuke Takahashi? Eks Pelatih Timnas Indonesia Kini Jadi Nakhoda Timnas Futsal Jepang
Kensuke Takahashi Respect ke Timnas Futsal Indonesia Usai Laga Lawan Jepang/Instagram @kensuke.takahashi
15:54
19 Juli 2024

Siapa Kensuke Takahashi? Eks Pelatih Timnas Indonesia Kini Jadi Nakhoda Timnas Futsal Jepang

Mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas futsa Jepang. Hal itu diumumkan langsung Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) di laman resminya, Kamis (18/7/2024).

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Kensuke Takahashi telah ditunjuk sebagai pelatih kepala baru Tim Futsal Nasional Jepang," tulis JFA dikutip dari laman resminya, Jumat (19/7/2024).

Kensuke Takahashi menegaskan bahwa siap membawa Timnas Futsa Jepang meraih prestasi tertinggi yakni menjadi juara Piala Dunia.

Di sisi lain, dia berjanji untuk meningkatkan kualitas tim yang belum lama ini merasakan kekecewaan setelah gagal lolos ke Piala Dunia Futsal 2024 saat ditangani pelatih Kenichiro Kogure.

Baca Juga: Breakingnews! Cerezo Osaka Putus Kontrak Justin Hubner

"Saya merasakan tanggung jawab yang besar karena tidak mencapai tujuan kami untuk berpartisipasi di Piala Dunia Futsal," kata Kensuke Takahashi.

"Saya ingin membangun Timnas Futsal Jepang yang berani menghadapi tantangan, membawa harapan dan harapan semua pihak terkait. Saya ingin meminta dukungan dan dorongan Anda yang berkelanjutan."

Prestasi Bersama Timnas Futsal Indonesia

Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi. [Antara / Michael Siahaan]Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi. [Antara / Michael Siahaan]

Kensuke Takahashi mundur dari jabatan pelatih Timnas Futsal Indonesia pada 8 Desember 2021 lalu alias setelah 3,5 tahun mengabdi untuk Garuda.

Pengunduran diri Kensuke disampaikan dalam Kongres Federasi Futsal Indonesia (FFI) dengan alasan keluarga.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berharap GBK Full Senyum Sambut Jepang dan Arab Saudi pada November

Meski begitu, kontribusinya selama 3,5 tahun takkan terlupakan. Ia telah mengantarkan timnas futsal Indonesia menorehkan berbagai prestasi membanggakan di kancah internasional.

Tak lama setelah menjabat di tahun 2018, Kensuke langsung membawa timnas futsal putri Indonesia menembus babak perempat final Piala Asia Futsal di Macau. Ini menjadi awal mula kebangkitan timnas futsal Indonesia di bawah asuhannya.

Di tahun yang sama, torehan positif berlanjut. Timnas futsal putra Indonesia meraih tempat ketiga di Piala AFF Futsal 2018 yang digelar di Yogyakarta.

Kesuksesan demi kesuksesan terus diraih. Pada tahun 2019, timnas futsal U-20 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Futsal U-20. Tak hanya itu, mereka juga berhasil melaju ke babak semifinal setelah menjadi runner-up Piala AFF Futsal 2019.

Profil Kensuke Takahashi

Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi sehabis melatih di GOR UNY, Yogyakarta (STEPHANUS ARANDITIO/BOLATIMES.COM)Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi sehabis melatih di GOR UNY, Yogyakarta (STEPHANUS ARANDITIO/BOLATIMES.COM)

Kensuke Takahashi, nama yang tak asing lagi di dunia futsal. Pria kelahiran Hokkaido, Jepang, pada 8 Mei 1982 ini, telah menorehkan jejak gemilang baik sebagai pemain maupun pelatih.

Kecintaannya pada futsal dimulai sejak ia berkuliah di Universitas Juntendo. Di sana, ia bergabung dengan tim Gazil Juntendo dan menjadi pemain inti. Bakatnya tak hanya bersinar di tim kampus, tetapi juga di tim amatir Divertido Asahikawa.

Prestasi gemilangnya menarik perhatian tim nasional Jepang. Pada tahun 2003, Kensuke Takahashi masuk ke skuat timnas untuk persiapan Piala Dunia Futsal 2004 di Taiwan. Ia menjadi andalan tim dan menunjukkan kemampuannya di turnamen tersebut.

Meskipun Jepang gagal melaju lebih jauh di Piala Dunia Futsal 2004, Kensuke Takahashi tak patah semangat. Ia bertekad untuk kembali tampil di Piala Dunia Futsal 2008. Namun, takdir berkata lain. Cedera memaksanya absen dari turnamen tersebut.

Barulah pada Piala Dunia Futsal 2012, Kensuke Takahashi kembali memperkuat timnas Jepang. Ia berhasil membawa negaranya hingga babak 16 besar.

Di level klub, Kensuke Takahashi juga menorehkan prestasi yang tak kalah membanggakan. Karier profesionalnya dimulai pada tahun 2004 bersama Predator FC (sekarang Bardral Urayasu).

Empat tahun kemudian, ia menjadi pemain Jepang pertama yang menjajaki Liga Futsal Spanyol dengan bergabung dengan Caja Segovia. Di sana, ia bermain selama dua tahun sebelum pindah ke Guadalajar.

Pada tahun 2011, Kensuke Takahashi kembali ke Jepang dan bergabung kembali dengan Bardral Urayasu. Ia bermain di sana hingga tahun 2015, sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu.

Setelah pensiun sebagai pemain, Kensuke Takahashi terjun ke dunia kepelatihan. Ia memulai debutnya sebagai pelatih kepala Bardral Urayasu pada tahun 2017. Di bawah asuhannya, tim ini berhasil menduduki peringkat keempat All Japan Championship di awal tahun 2018.

Pada tahun 2018, Kensuke Takahashi menerima pinangan untuk melatih timnas futsal Indonesia. Ia menangani tim putra, putri, dan U-20. Di bawah kepemimpinannya, timnas futsal Indonesia menunjukkan performa yang gemilang dan meraih berbagai prestasi membanggakan.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #siapa #kensuke #takahashi #pelatih #timnas #indonesia #kini #jadi #nakhoda #timnas #futsal #jepang

KOMENTAR