Mengenal Abel Arganaraz, Rekan Lionel Messi di Argentina U-20 yang Resmi Main di Liga Indonesia
Abel Arganaraz dan Lionel Messi. (Instagram/@abelarganiaraz)
12:06
11 Juli 2024

Mengenal Abel Arganaraz, Rekan Lionel Messi di Argentina U-20 yang Resmi Main di Liga Indonesia

Abel Arganaraz menjadi rekrutan anyar klub pendatang baru BRI Liga 1, PSBS Biak. Ia didatangkan untuk mempertajam lini depan dalam mengarungi kompetisi musim 2024/25.

Pemain asal Argentina itu memiliki segudang pengalaman dan jam terbang bersama klub Liga Andorra, yakni Inter Club d'Escaldes. Pengalaman diharapkan bisa mendongkrak penampilan PSBS Biak.

Manajer klub berjuluk Badai Pasifik itu, Yan Permenas, mengatakan sangat tertarik merekrut Arganaraz sebab sang pemain dinilai begitu tajam di lini depan. Dari 23 laga yang dimainkan Arganaraz di Inter Club d’Escaldes, ia telah mengoleksi 15 gol dan sepuluh assist.

Sejak 2020, Arganaraz yang lahir pada 21 Juli 1998 itu telah bermain di sejumlah klub Argentina, seperti Lanis, Central Cordoba, San Martin, dan Gimnasia. Baru pada 2022, ia mencoba peruntungan di luar negeri, yakni menuju Andorra

Baca Juga: Bungkam Kanada, Argentina Resmi Melesat ke Partai Final Copa America 2024

Lantas, seperti apa latar belakang dan perjalanan kariernya?

Pemain bernama lengkap Pablo Abel Arganaraz Paradi ini lahir di San Miguel de Tucuman, Argentina, pada 21 Juli 1998 berdasarkan data dari Transfermarkt.

Berdasarkan data Transfermarkt juga, Arganaraz baru memulai karir sepak bola profesionalnya pada musim 2018/19. Ia memulai semua dari klub Argentina, Atletico Lanus.

Di musim yang sama, ia dipinjamkan ke klub Juventud Antoniana yang bermain di divisi tiga Argentina. Di sana ia mencetak tiga gol dari sembilan penampilan.

Arganaraz kemudian hijrah ke Central Córdoba masih di tahun yang sama. Selama bermain di klub tersebut, dia hanya mampu mengoleksi empat gol dari 52 penampilan.

Baca Juga: Menengok Statistik 'Gila' Hugo Gomes, Kini Jadi Gelandang Anyar Dewa United

Pada Juni 2022, sosok yang biasa disapa Abel ini dipinjamkan ke San Martin de Tucuman. Ia tampil sampai akhir 2022 dengan torehan satu gol dari delapan penampilan.

Kemudian memasuki tahun 2023, Abel pindah ke klub Liga 2 argentina, Gimnasia Jujuy. Di tahun yang sama, ia memutuskan abroad dengan membela klub Divisi Utama Liga Andorra, Inter Club d’Escaldes.

Abel mencetak 15 gol dan 10 assist dari 23 laga, serta membawa klubnya finis di peringkat kedua klasemen akhir Liga Andorra.

Karier di Timnas Argentina

Abel Arganaraz disebut pernah menjadi bagian Timnas Argentina U-17 yang mentas di International South America U-17 Championship pada 2015 silam.

Bersama Timnas Argentina U-17, Abel mencatatkan 9 penampilan, yang mana 3 di antaranya ia bermain sebagai starter. Di 2016, Abel dipanggil lagi ke Timnas Argentina U-20.

Arganaraz mengklaim pernah berlatih dengan Lionel Messi pada 2016. Ia memang tidak pernah membela Timnas Argentina, namun ia pernah dipanggil sehingga pernah berlatih bersama Messi.  

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mengenal #abel #arganaraz #rekan #lionel #messi #argentina #yang #resmi #main #liga #indonesia

KOMENTAR