Perjalanan Karier Ezra Walian, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Resmi Tinggalkan Persib Bandung
Ezra Walian dikabarkan tinggalkan Persib Bandung. (Instagram/@ezrawalian)
13:48
10 Juli 2024

Perjalanan Karier Ezra Walian, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Resmi Tinggalkan Persib Bandung

Mengulas perjalanan karier Ezra Walian. Pemain naturalisasi timnas Indonesia yang dikabarkan tidak akan bermain untuk Persib Bandung lagi di Liga 1 Indonesia musim 2024/2025.

Kabar Ezra Walian hengkang dari tim berjuluk Pangeran Biru dikonfirmasi oleh sang pelatih, Bojan Hodak. Ia memastikan pemain berusia 26 tahun ini tidak masuk skuadnya lagi untuk musim selanjutnya.

"Ezra Walian hengkan ke Persik, saya rasa kemungkinan seperti itu. Saya belum yakin karena dia belum tanda tangan, tapi dia tidak akan bersama kami pada musim depan," ucap Bojan Hodak.

Bakal hengkang dari Persib, lantas sejauh ini bagaimana perjalanan karier Ezra Walian yang pernah berseragam Ajax Amsterdam.

Baca Juga: Nova Arianto Buka Suara Soal Isu Gantikan Shin Tae-yong di Piala AFF 2024

Perjalanan Karier Ezra Walian

Pesepakbola PSM Makassar Ezra Walian (kedua kiri) berebut bola dengan Pesepakbola Persipura Jayapura Ricardo Salampessy (kanan) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/11/2019) malam. Tuan rumah PSM Makassar kalahkan Persipura dengan skor 4-0 (3-0). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/ama.Pesepakbola PSM Makassar Ezra Walian (kedua kiri) berebut bola dengan Pesepakbola Persipura Jayapura Ricardo Salampessy (kanan) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/11/2019) malam. Tuan rumah PSM Makassar kalahkan Persipura dengan skor 4-0 (3-0). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/ama.

Di level klub, Ezra Walian memulai karier sepak bolanya di Haarlem Youth yang akhirnya pindah ke AZ Alkmaar pada 2008.

Melansir dari data Transfermarkt, setelah empat tahun Ezra akhirnya pindah ke tim muda Ajax Amsterdam.

Ini menunjukkan bahwa pemain kelahiran Amsterdam punya potensi usai direkrut klub besar Belanda. Sejak 2012 ia bermain untuk Ajax U-17, U-19, dan U-21.

Total lima tahun Ezra Walian berseragam Ajax Amsterdam hingga pada akhirnya ia dilepas dengan status bebas transfer.

Baca Juga: Heboh Shin Tae-yong "Like" Usulan Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas Senior untuk Piala AFF 2024

Almere City kemudian merekrut pemain naturalisasi ini pada Agustus 2017. Namun, ia justru tidak berkembang.

Ezra Walian kemudian dipinjamkan Almere City ke RKC Waalwijk pada tahun 2018. Semusim dari masa peminjaman, ia lalu balik ke klub induknya.

Akan tetapi, kontrak Ezra tidak diperpanjang. Ia pun memulai kariernya di Liga 1 Indonesia dengan gabung PSM Makassar pada September 2019.

Dua musim bersaama tim Juku Eja, pemain berusia 26 tahun akhirnya bergabung Persib Bandung pada Maret 2021. Sekitar tiga tahun, ia membela Pangeran Biru dan terbaru berhasil mengantarkan klubnya menjadi juara.

Kabarnya setelah hengkang dari Persib, sesuai pernyataan dari Bojan Hodak, Ezra bakal pindah ke Persik Kediri.

Level Timnas

Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ezra Walian (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Leonard Tupamahu (kiri) saat pertandingan uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (17/3/2019). Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Fikri YusufPesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ezra Walian (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Leonard Tupamahu (kiri) saat pertandingan uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (17/3/2019). Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Sementara itu, di level internasional Ezra Walian sejatinya pernah main untuk timnas Belanda kelompok umur.

Bahkan ia adalah rekan setim Donny van de Beek, Steven Bergwijn, hingga pemain naturalisasi terbaru milik timnas Indonesia, Calvin Verdonk.

Meski begitu, Ezra tak lagi dilirik Belanda senior. Ia pun menjalani naturalisasi demi membela timnas Indonesia.

Sejauh ini, Ezra Walian sudah mencatatkan 9 caps dengan torehan tiga gol. Namun, namanya juga mulai tergusur dan tidak menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di skuad Garuda.

Terakhir kali Ezra bermain untuk timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong adalah ketika Piala AFF 2020 lalu ketika melawan Singapura di semifinal leg kedua.

Editor: Arif Budi

Tag:  #perjalanan #karier #ezra #walian #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #yang #resmi #tinggalkan #persib #bandung

KOMENTAR