Euro 2024: Portugal Waspada Kejutan Terulang, Slovenia Incar Kemenangan Bersejarah
Timnas Portugal melakukan selebrasi di lapangan setelah pertandingan Grup F UEFA Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko di Stadion Leipzig di Leipzig pada 18 Juni 2024. Adrian DENNIS / AFP.
15:12
1 Juli 2024

Euro 2024: Portugal Waspada Kejutan Terulang, Slovenia Incar Kemenangan Bersejarah

Portugal akan menghadapi Slovenia di babak 16 besar Euro 2024. Meski di atas kertas lebih diunggulkan, Portugal tetap mewaspadai kekuatan lawannya.

Pelatih Roberto Martinez tidak ingin timnya kembali terkejut seperti kekalahan 2-0 dari Slovenia dalam pertandingan persahabatan beberapa bulan lalu.

Hasil tersebut, ditambah kekalahan mengejutkan lainnya dari Georgia di fase grup, menjadi pengingat bagi Martinez dan timnya bahwa meremehkan lawan di level ini bisa berakibat fatal.

Pertandingan Inggris vs Slovakia di babak 16 besar pada Minggu (30/6/2024) malam WIB, menunjukkan bagaimana tim underdog berhasil merepotkan lawannya.

Baca Juga: Deretan Fakta Menarik Jelang Duel Inggris vs Slovakia di Babak 16 Besar Euro 2024

Inggris sempat tertinggal lebih dulu sebelum gol telat Jude Bellingham memaksa laga imbang 1-1 dan Harry Kane berhasil membawa Tiga Singa berbalik menang 2-1 di babak perpanjangan waktu.

Pelatih Portugal Roberto Martinez saat menyaksikan timnya menghadapi Georgia dalam pertandingan terakhir Grup F Euro di Arena AufSchalke di Gelsenkirchen pada 26 Juni 2024. (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRAPelatih Portugal Roberto Martinez saat menyaksikan timnya menghadapi Georgia dalam pertandingan terakhir Grup F Euro di Arena AufSchalke di Gelsenkirchen pada 26 Juni 2024. (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA

Laga Inggris vs Slovakia dinilai jadi lampu kuning untuk tim-tim besar bahwa tren tim underdog mampu merepotkan para unggulan terus berlanjut.

"Semua tim di sini memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan yakin bisa menang," kata Martinez dalam konferensi pers pra-pertandingan dikutip dari AP, Senin (1/7/2024).

"Slovenia tidak berbeda. Mereka tim yang terorganisir dengan baik, kompetitif, dan bermain dengan strategi yang jelas."

Meskipun harus menghadapi tim yang memiliki pemain veteran berpengalaman seperti Cristiano Ronaldo dan Pepe, Portugal tetap menjadi favorit.

Baca Juga: Hajar Denmark, Jerman Lolos Ujian Konsistensi di Euro 2024?

Di sisi lain, Slovenia baru saja melakoni debutnya di babak knockout turnamen besar, momen bersejarah bagi negara sepak bola muda ini.

"Ini adalah kesempatan monumental untuk sepak bola Slovenia," kata Martinez, mengakui kekagumannya pada pelatih Slovenia Matja Kek.

"Kami sangat menghormati apa yang telah dicapai pelatih mereka. Tim nasional mereka beroperasi dengan kekompakan seperti tim klub."

Dengan kedua tim yang haus kemenangan, panggung sudah disiapkan untuk pertandingan yang menawan ini.

Portugal akan berusaha menghindari kejutan lagi dan memanfaatkan pengalaman mereka untuk maju, sementara Slovenia berusaha untuk menciptakan sejarah lebih lanjut dengan mencapai perempat final untuk pertama kalinya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #euro #2024 #portugal #waspada #kejutan #terulang #slovenia #incar #kemenangan #bersejarah

KOMENTAR