Ada di Grup Neraka, Intip 5 Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Grup C Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia
Skuad Timnas Indonesia Saat Berlaga di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Saat Menjamu Filipina. (pssi.org)
12:18
28 Juni 2024

Ada di Grup Neraka, Intip 5 Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Grup C Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Timnas Indonesia mendapat hasil undian yang tak menguntungkan karena harus berada satu grup dengan sejumlah tim besar dan kuat di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hasil drawing yang berlangsung pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Timnas Indonesia berada di Grup C dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia masuk ke dalam Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan Tiongkok. Dari kelima tim itu, Jepang, Australia, dan Arab Saudi merupakan kontestan Piala Dunia 2022

Persaingan di Grup C diprediksi akan sangat sulit bagi Indonesia, yang memiliki peringkat FIFA terendah di antara negara-negara lain dalam grup tersebut.

Baca Juga: 3 Pemain yang Berpotensi Tinggalkan Persib di Liga 1 Musim Depan

Indonesia juga memiliki catatan pertemuan yang kurang mengesankan dengan lawan-lawannya, termasuk kekalahan dari Jepang dan Australia di Piala Asia 2023.

Berikut adalah profil singkat tentang lima negara yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Australia

Australia menjadi lawan Timnas Indonesia di babak 16 Besar Piala Asia 2022, di mana The Socceroos menang dengan skor telak 4-0.

Selain itu, Australia adalah tim yang sering tampil di Piala Dunia. Mereka berhasil mencapai babak 16 Besar pada edisi 2022 dan memberi perlawanan sengit kepada Argentina sebelum akhirnya kalah 2-1. Australia dikenal memiliki skuad yang sangat solid.

Baca Juga: Maksimal Rp50 Miliar, Klub Liga 1 Kini Tak Bisa Jor-joran Belanja Pemain

Arab Saudi

Arab Saudi, meskipun berada di peringkat FIFA ke-56, memiliki keunggulan dengan kehadiran pelatih Roberto Mancini, yang membawa Italia meraih gelar juara Euro 2020.

Investasi besar di sepak bola oleh Arab Saudi telah menghasilkan liga yang dihuni banyak pemain bintang. Hal ini membantu pemain-pemain Arab Saudi beradaptasi dengan kompetisi tingkat atas secara rutin.

Bahrain

Pada 2012, Indonesia mengalami kekalahan telak 0-10 dari Bahrain, salah satu kekalahan terburuk dalam sejarah Timnas Garuda, meskipun kondisi Indonesia saat itu memang sedang sulit.

Bahrain berhasil mencapai babak 16 Besar Piala Asia 2023, namun kalah 1-3 dari Jepang di fase tersebut. Capaian Bahrain mirip dengan Indonesia yang juga tersingkir di babak 16 Besar.

China

China lolos ke putaran ketiga sebagai runner-up dari Grup C, yang juga berisi Thailand dan Singapura. Meskipun China tidak pernah menang dalam dua pertemuan dengan Thailand (kalah 1-2 dan bermain imbang 2-2).

Meskipun Indonesia memiliki peluang untuk mengimbangi China berdasarkan statistik, China tetap merupakan lawan yang berat karena pengalamannya dalam bermain di level tinggi di Asia.

Jepang

Jepang merupakan tim reguler di Piala Dunia, mencapai babak 16 Besar pada edisi 2022 sebelum kalah adu penalti melawan Kroasia.

Jepang menduduki peringkat tertinggi di Asia berdasarkan ranking FIFA, dan memiliki banyak pemain yang berlaga di liga-liga top Eropa, seperti Endo, Takehiro Tomiyasu, Takefusa Kubo, dan lainnya.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #grup #neraka #intip #kekuatan #lawan #timnas #indonesia #grup #putaran #kualifikasi #piala #dunia #2026 #zona #asia

KOMENTAR