Media Belanda Rayakan Thom Haye Cetak Gol Internasional Pertama untuk Timnas Indonesia, 4 Pemain Keturunan Ikut Disorot
Pemain Timnas Indonesia saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:48
12 Juni 2024

Media Belanda Rayakan Thom Haye Cetak Gol Internasional Pertama untuk Timnas Indonesia, 4 Pemain Keturunan Ikut Disorot

Kemenangan dramatis Timnas Indonesia atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) mengantarkan skuad Garuda lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kemenangan ini tak hanya disambut gembira di tanah air, namun juga media Belanda yang menyoroti peran pemain keturunan Belanda di Timnas Indonesia.

Thom Haye, sang gelandang naturalisasi, menjadi bintang lapangan dengan gol indahnya dari jarak 20 meter.

Gol ini membuka skor bagi Indonesia dan mengantarkan kemenangan 2-0 atas Filipina.

Baca Juga: Stadion GBK Bukan San Siro, Pelatih Filipina Ogah Lapangan Jelek Jadi Alasan Kalah Lawan Timnas Indonesia

Haye yang baru bergabung dengan Timnas Indonesia pada Maret 2024 ini telah menunjukkan kontribusinya yang signifikan.

Selain Haye, media Belanda juga menyoroti debut Calvin Verdonk dan kontribusi pemain keturunan Belanda lainnya seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe-a-On, dan Ragnar Oratmangoen.

"Thom Haye mencetak gol internasional pertama untuk kemenangan Indonesia; Calvin Verdonk melakukan debutnya," tulis judul voetbalzone.nl.

Kehadiran mereka menambah kekuatan Timnas Indonesia dan menjadi kunci kesuksesan di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini menjadi bukti kemajuan sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Cetak Gol Lawan Filipina, Rizky Ridho Jadi Bek Tersubur di Timnas Indonesia Saat Ini

"Thom Haye mencetak gol pertamanya untuk Indonesia pada Selasa sore saat pertandingan menang melawan Filipina. Gelandang berusia 29 tahun yang kontraknya habis dengan SC Heerenveen musim panas ini melihat timnya menang 2-0," tulis voetbalzone.nl.

"Haye kembali menjadi starter di starting line-up Indonesia yang kalah di laga kualifikasi Piala Dunia melawan Irak (0-2) pekan lalu. Jay Idzes, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-a-On dan Ragnar Oratmangoen antara lain juga ikut menggebrak."

"Butuh waktu lebih dari setengah jam sebelum Haye membuka skor atas nama tim tuan rumah dengan gol indahnya. Kaki kanan memutuskan untuk melakukan ayunan dari jarak sekitar dua puluh meter dan melihat usahanya berakhir di sudut kanan gawang: 1-0. Tjoe-a-On bertanggung jawab atas assist pada skor 2-0 yang diberikan Rizky Ridho."

Dukungan penuh dari suporter dan kerja keras para pemain dan tim pelatih patut diapresiasi.

Kini, Timnas Indonesia menatap babak selanjutnya dengan penuh optimisme untuk mengukir sejarah baru di kancah internasional.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #media #belanda #rayakan #thom #haye #cetak #internasional #pertama #untuk #timnas #indonesia #pemain #keturunan #ikut #disorot

KOMENTAR