Selain Tanzania, 2 Negara Ini Jadi Opsi Lawan Timnas Indonesia di Laga Uji Coba
Para pemain Timnas Indonesia senior. [Giuseppe CACACE / AFP]
01:30
19 Mei 2024

Selain Tanzania, 2 Negara Ini Jadi Opsi Lawan Timnas Indonesia di Laga Uji Coba

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengabarkan bahwa sebelum diputuskan melawan Tanzania, ada beberapa opsi lawan yang bisa dihadapi Timnas Indonesia untuk pertandingan uji coba pada Juni nanti. Mereka adalah India dan Selandia Baru.

Adapun Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Tanzania dalam pertandingan uji coba non-resmi FIFA di Stadion Madya, Jakarta pada 2 Juni 2024. Laga tersebut merupakan permintaan pelatih Shin Tae-yong.

Ini dijadikan sebagai 'pemanasan' menghadapi laga melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina (11 Juni) di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Dua pertandingan ini digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Sumardji menuturkan, Tanzania sebetulnya bukan satu-satunya tim yang dihubungi oleh BTN. Ada dua negara lainnya yang dijajaki yakni Selandia Baru dan India.

"Ya jadi kan kita sesuai permintaan coach Shin (Tae-yong) sebelum (pertandingan) tanggal 6 dan 11 itu ada uji coba. Makanya akhirnya BTN mencarikan lawan tanding," kata Sumardji saat dihubungi awak media, Sabtu (18/5/2024).

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

"Sebetulnya ada tiga (yang kami hubungi). Selandia Baru, India, dan Tanzania," ujar lelaki yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Sumardji mengaku memilih Tanzania karena respons yang diberikan cepat. Oleh sebab itu, Tanzania terpilih sebagai lawan pada awal Juni nanti.

"Sudah mendapatkan jawaban itu lebih cepat Tanzania. Akhirnya kita ambil itu," pungkas petinggi Bhayangkara FC itu.

Pertandingan melawan Tanzania tidak masuk dalam perhitungan poin FIFA. Pasalnya, duel berlangsung di luar kalender FIFA Matchday.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #selain #tanzania #negara #jadi #opsi #lawan #timnas #indonesia #laga #coba

KOMENTAR