Ketua PSSI-nya Palestina Diancam Penjara usai Desak FIFA Sanksi Israel
Presiden Federasi Sepak Bola Palestina (PFA), Jibril Rajoub. ABBAS MOMANI / AFP
08:18
18 Mei 2024

Ketua PSSI-nya Palestina Diancam Penjara usai Desak FIFA Sanksi Israel

Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA), Jibril Rajoub mengaku mendapat ancaman dari Menteri Luar Negeri Israel setelah mendesak FIFA untuk menjatuhkan sanksi terhadap negara tersebut.

FIFA mengaku akan meminta nasihat hukum sebelum mengadakan pertemuan pada bulan Juli untuk memutuskan proposal Palestina yang mendesak penangguhan Israel dari sepak bola internasional.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengumumkan rencana tersebut pada kongres tahunan organisasi di Bangkok setelah PFA menyampaikan argumen yang menuduh Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA) melanggar undang-undang FIFA dengan perang yang terjadi di Gaza.

“Saya meminta Anda untuk berdiri di sisi sejarah yang benar. Jika tidak sekarang, kapan lagi?” kata Presiden PFA Jibril Rajoub dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (18/5/2024).

“FIFA tidak bisa bersikap acuh tak acuh terhadap pelanggaran-pelanggaran ini atau genosida yang sedang berlangsung di Palestina," tambahnya saat berbicara di hadapan degelasi dari 211 asosiasi anggota FIFA.

Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat hadir di laga play off Olimpiade antara Indonesia melawan Guinea (pssi.org)Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat hadir di laga play off Olimpiade antara Indonesia melawan Guinea (pssi.org)

Infantino mengatakan FIFA “mulai sekarang akan memberikan mandat kepada ahli hukum independen untuk menganalisis tiga permintaan [dari PFA] dan memastikan statuta FIFA diterapkan dengan cara yang benar."

Rajoub mengatakan “rakyat Palestina, termasuk keluarga sepak bola Palestina, sedang mengalami bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Dia mengatakan dia diancam karena mendesak FIFA untuk memberi sanksi kepada Israel.

“Menteri Luar Negeri Israel telah memberikan ancaman serius untuk memenjarakan saya jika saya tidak menarik proposal ini, namun tidak ada kekuatan di dunia yang dapat menghalangi kebenaran,” kata Rajoub.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ketua #pssi #palestina #diancam #penjara #usai #desak #fifa #sanksi #israel

KOMENTAR