Vietnam Rapat Darurat Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Laga Hidup Mati Piala Asia 2023
Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier tengah memberikan arahan kepada para pemainnya. [VFF]
10:54
17 Januari 2024

Vietnam Rapat Darurat Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Laga Hidup Mati Piala Asia 2023

Pelatih Philippe Troussier menggelar rapat darurat dengan seluruh pemain Vietnam jelang pertandingan hidup mati kontra Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam diyakini sebagai kesempatan kedua tim untuk memperbesar peluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Pasalnya, Vietnam dan skuad Garuda sama-sama menderita kekalahan di matchday pertama Grup D. The Golden Star Warriors dihajar Jepang 2-4, sementara Timnas Indonesia takluk 1-3 dari Irak.

Pemenang di laga ini bakal memperpanjang harapan untuk setidaknya lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Vietnam akan memulai latihan resmi dengan seluruh skuadnya pada 17 Januari. Dalam waktu empat hari persiapan jelang lawan Indonesia, Troussier dilaporkan menggelar rapat daruat.

Para pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFPPara pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP

Dilansir dari TheThao247, juru taktik asal Prancis itu mengumpulkan seluruh pemain untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan Timnas Indonesia melalui rekaman video selayaknya persiapan mereka saat melawan Jepang.

"Pelatih Philippe Troussier meminta timnas Vietnam untuk mengadakan 'pertemuan mendesak' guna merancang rencana profesional untuk Piala Asia 2024," tulis TheThao247 dikutip pada Rabu (17/1/2024).

"Diketahui bahwa tim Vietnam telah mengadakan pertemuan dengan semua anggota untuk belajar dari pengalaman melalui analisis video pertandingan melawan Jepang."

"[Pertemuan itu] sekaligus merencanakan persiapan untuk pertandingan melawan Indonesia."

Troussier dan staf pelatih dilaporkan menganalisis kelemahan Vietnam yang perlu diperbaiki, sekaligus menganalisis pertandingan antara Indonesia dan Irak.

Dalam 1-2 hari mendatang, Pelatih Troussier dan rekan-rekannya juga akan membuat perhitungan personel, dikombinasikan dengan analisis tentang Indonesia untuk memilih 23 pemain yang akan berpartisipasi dalam pertandingan ini.

Merujuk peraturan AFC, dari 26 pemain yang dibawa, hanya 23 diantaranya yang bisa masuk daftar susunan pemain dalam satu pertandingan. Artinya, tiga pemain akan ditinggalkan oleh Troussier.

Pada pertandingan pembuka kontra Jepang, Vietnam tidak memasukan nama an Toan, Van Tung, dan Tuan Duong.

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #vietnam #rapat #darurat #jelang #hadapi #timnas #indonesia #laga #hidup #mati #piala #asia #2023

KOMENTAR