Regulasi Lolos ke Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Wajib Perhatikan Jika Ingin Melaju
Regulasi lolos Piala Dunia 2026 yang harus diperhatikan Timnas Indonesia. [KARIM JAAFAR / AFP]
21:12
10 Mei 2024

Regulasi Lolos ke Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Wajib Perhatikan Jika Ingin Melaju

Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun, hal itu tidak serta merta membuat jalan Garuda melangkah ke putaran final ajang akbar tersebut bakal mudah.

Format baru Piala Dunia 2026 akan melibatkan 48 tim dari enam konfederasi yang berbeda, meningkatkan jumlah wakil Asia yang lolos langsung.

Di Piala Dunia 2026, benua Asia maksimal bisa meloloskan sembilan tim dengan 8 secara otomatis dan satu melalui playoff.

Tak Akui Timnya Diuntungkan Wasit, Pelatih Guinea Malah Congkak Harusnya Bisa Menang Besar dari Timnas Indonesia U-23

Kesalahan Fatal Wasit, Bukti Pelanggaran Witan Sulaeman di Luar Kotak Penalti

Jumlah ini meningkat drastis dari edisi sebelumnya di mana Asia maksimal cuma bisa meloloskan lima wakil dengan rincia 4 langsung dan satu playoff.

Jika Indonesia berhasil melangkah ke putaran ketiga kualifikasi, peluang mereka untuk tampil di Piala Dunia semakin meningkat.

Timnas Indonesia perlu melewati serangkaian tahapan yang panjang untuk mencapai Piala Dunia 2026. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus dilaluinya untuk mencapai tujuan tersebut:

  • Putaran 1: Diikuti 20 tim peringkat terbawah. Laga digelar dengan sistem dua leg.
  • Putaran 2: Ada 36 tim yang akan dibagi menjadi sembilan grup, terdiri dari 26 tim terbaik dan 10 dari ronde pertama, dengan sistem kompetisi penuh.
  • Putaran 3: Dari 18 tim yang terdiri dari juara dan runner-up grup ronde 2, akan dibentuk tiga grup dengan sistem kompetisi penuh. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026.
  • Putaran 4: Peringkat ketiga dan keempat pada ronde ketiga akan dibagi menjadi dua grup, dengan masing-masing tiga tim. Pertandingan akan dilangsungkan di tempat netral dan hanya berlangsung satu kali. Tim juara grup akan langsung melaju ke Piala Dunia 2026.
  • Putaran 5: Runner-up dari grup ronde keempat akan bertemu dalam pertandingan dua leg. Tim yang menang akan langsung melaju ke Piala Dunia 2026, sedangkan yang kalah akan memasuki play-off inter-confederation.

Hal yang Perlu Diperhatikan Indonesia

Timnas Indonesia U-23 saat melawan Guinea pada play-off Olimpiade Paris 2024. (Dok. Official Website PSSI/PSSI.org)Timnas Indonesia U-23 saat melawan Guinea pada play-off Olimpiade Paris 2024. (Dok. Official Website PSSI/PSSI.org)

Untuk membuka peluang tampil di Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia harus melaju ke putaran ketiga kualifikasi.

Saat ini, mereka berada di posisi kedua dalam klasemen Grup F dengan tujuh poin, dengan dua pertandingan tersisa di putaran kedua.

Pep Guardiola Punya Syarat untuk Bisa Latih Timnas Indonesia

Koar-koar Minta STY Dipecat, Statistik Anjas Asmara di Timnas Indonesia Lebih Ampas dari Hokky Caraka

Dengan selisih lima poin dari pemuncak klasemen Irak dan unggul empat poin dari Vietnam, Indonesia hanya perlu satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran ketiga.

Kemenangan tersebut bisa dicapai dalam salah satu pertandingan melawan Irak atau Filipina.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #regulasi #lolos #piala #dunia #2026 #timnas #indonesia #wajib #perhatikan #jika #ingin #melaju

KOMENTAR