10 Pemilik Klub Terkaya di Italia, Pengusaha Indonesia di Urutan Pertama
Bek Juventus Federico Gatti (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir pertandingan leg pertama semifinal Liga Eropa 2022-2023 antara Juventus vs Sevilla pada 11 Mei 2023 di stadion Juventus di Turin. Marco BERTORELLO / AFP.
19:36
6 Mei 2024

10 Pemilik Klub Terkaya di Italia, Pengusaha Indonesia di Urutan Pertama

Industri sepak bola Italia tengah jadi sorotan, tak hanya karena pemain Indonesia yang berkarier di liga top teratas tetapi juga karena sosok pemilik klub.

Siapa sangka konglomerat pemilik Grup Djarum dan BCA, Hartono bersaudara mampu mengalahkan pemilik-pemilik klub kondang Liga Italia.

Sesuai rilis majalah bisnis Forbes yang mendaftar orang terkaya tiap tahunnya pada April 2024, salah satunya di bidang olahraga khusus sepak bola.

Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono saat ini berstatus sebagai pemilik saham mayoritas klub sepak bola Serie B, Como 1907.

Hartono bersaudara mencatatkan diri sebagai orang terkaya di Italia dalam bidang pemilik klub sepak bola di Liga Italia.

Kekayaan Hartono bersaudara bahkan mengungguli harta kekayaan pemilik baru Juventus, pengganti Andrea Agnelli, John Elkann yang hanya memiliki 2,6 miliar dolar.

Lantas berapa harta kekayaan Hartono bersaudara sebagai pemilik Como 1907? berikut ini 10 pemilik klub Liga Italia terkaya.

1. Michael dan Robert Hartono = 47,3 miliar dolar (Como 1907)

2. Rocco Commisso = 8 miliar dolar (AFC Fiorentina)

3. Dan Friedkin = 6,4 miliar dolar (AS Roma)

4. Famiglia Saputo = 4,3 miliar dolar (Bologna)

5. Fratelli Berlusconi = 4,2 miliar dolar (Monza)

6. Renzo Rosso = 3,7 miliar dolar (Vicenza)

7. Squinzi / Giorgetta = 3,3 miliar dolar (Sassuolo)

8. John Elkann = 2,6 miliar dolar (Juventus)

9. Giovanni Arvedi = 1,8 miliar dolar (Cremonese)

10. Antonio Percassi = 1,6 miliar dolar (Cagliari)

Hartono masih memimpin daftar klasemen pemilik terkaya di Serie B hingga seluruh Italia, Como termasuk salah satu klub yang dimiliki pengusaha non-Italia.

Bos Djarum ini menjadi pemilik Como 1907 lewat SENT Entertainment, perusahaan induk yang dibentuk Hartono bersaudara dalam mengontrol klub tersebut.

Mantan pemain sekaligus kapten Chelsea, Dennis Wise, ditunjuk sebagai kepala operasi sepak bola di Como 1907 sejak Juli 2020 bersama Arlalberto Ludi selaku direktur.

Como 1907 resmi menjadi Grup Djarum lewat perusahaan bernama SENT Entertainment pada awal April 2019 lalu.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemilik #klub #terkaya #italia #pengusaha #indonesia #urutan #pertama

KOMENTAR