PSSI Terlalu Bergantung STY, Pelatih Australia Ekspos Strategi Timnas Indonesia U-23
Pelatih Timnas Australia U-23, Tony Vidmar. (Dok. AFC)
15:06
18 April 2024

PSSI Terlalu Bergantung STY, Pelatih Australia Ekspos Strategi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Australia U-23, Tony Vidmar mengekspos kelemahan dari kebijakan PSSI yang begitu mengandalkan Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia di lintas usia dari U-20, U-23 hingga senior.

Menurut Vidmar, keberadaan Shin Tae-yong di berbagai kelompok Timnas Indonesia membuat Australia U-23 sedikit banyak bisa menerka strategi apa yang akan digunakan tim Merah Putih.

Hal itu disampaikan Vidmar jelang Australia U-23 menghadapi Timnas Indonesia U-23 dalam matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

Pertandingan super penting untuk kedua tim ini dijadwalkan bakal berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Kamis (18/4/2024) pukul 20.00 WIB.

“Kami telah melihat banyak permainan mereka, baik dengan pemain berusia 23 tahun maupun senior mereka, jadi ini memberi kami gambaran tentang apa yang diharapkan,” kata Tony Vidmar dikutip dari Socceroos, Kamis (18/4/2024).

“Ada kemungkinan besar mereka akan tetap menggunakan formasi dan gaya bermain yang serupa, saya tidak melihat hal itu berubah."

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Selama menukangi Timnas Indonesia U-20, U-23 maupun senior, Shin Tae-yong memang terlihat menggunakan strategi yang hampir sama dalam formasi tiga bek dari 3-4-3 hingga variannya seperti 3-4-1-2 atau 3-4-2-1.

Selain itu, terdapat juga irisan pemain yang dipanggil khususnya di Timnas Indonesia U-23 dan senior. Mayoritas pemain skuad Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024 pun kebanyakan diambil dari skuad senior.

Sebut saja kiper Ernando Ari, bek Rizky Ridho, Justin Hubner dan Pratama Arhan. Di lini tengah ada Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner. Sedangkan lini depan diisi Ramadhan Sananta hingga Rafael Struick.

Kesamaan mayoritas pemain dan pelatih yang menangani membuat Australia U-23 percaya diri bisa mengantisipasi strategi yang bakal dipakai Timnas Indonesia U-23.

Meski demikian, Vidmar menegaskan timnya butuh fokus tinggi dan kerja keras untuk bisa meraih hasil bagus dalam pertandingan nanti.

“Kami harus bersiap menghadapinya dan benar-benar siap untuk tampil, bekerja, dan berjuang," tegas Vidmar.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pssi #terlalu #bergantung #pelatih #australia #ekspos #strategi #timnas #indonesia

KOMENTAR