Wasit Nasrullo Kabirov Terima Rp 40 Juta usai Pimpin Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar?
Wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. [Dok. tangkapan layar]
12:12
17 April 2024

Wasit Nasrullo Kabirov Terima Rp 40 Juta usai Pimpin Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar?

Nasrullo Kabirov jadi perbincangan hangat jagat media sosial di Indonesia usai kepemimpinannya di laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar menuai kontroversi.

Kinerja wasit dan para pemain Qatar menjadi sorotan saat menghadapi Timnas Indonesia U-23 di laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024.

Pada pertandingan yang berlangsung Senin (15/4/2024) malam WIB di Stadion Jassim Bin Hamad itu, Qatar sebagai tuan rumah menang 2-0.

Selain wasit Nasrullo Kabirov, sejumlah pemain tuan rumah juga ikut andil dalam membuat kontroversi. Salah satunya saat Ivar Jenner mendapat kartu merah usai diganjar kartu kuning kedua.

Kartu kuning kedua itu layak diperdebatkan karena Jenner tidak melakukan pelanggaran yang semestinya diganjar kartu. Ditambah lagi para pemain Qatar yang berduel dengan Jenner pandai berakting agar pemain lawan mendapat hukuman dari wasit.

Usai laga Shin Tae-yong memberi kritik pedas atas kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov. Bahkan PSSI telah mengajukan protes resmi kepada AFC atas kejadian ini.

Sebagai wasit sendiri, Nasrullo sudah aktif memimpin laga-laga internasional sejak 2017. Ia dikenal sebagai wasit “ringan tangan” memberikan kartu.

Data dari transfermarkt menunjukkan bahwa sejak 2017 hingga saat ini, ia telah memimpin 90 pertandingan dan mengeluarkan total 326 kartu kuning, sembilan kartu merah tidak langsung, serta 17 kartu merah langsung, serta memberikan 37 penalti selama tujuh tahun terakhir.

Lantas, sebesar apa gaji yang diterima oleh wasit di Piala Asia U-23 termasuk yang didapatkan oleh Nasrullo Kabirov?

Disitat dari Careerguidance Unilearn, sebuah organisasi bimbingan karir untuk wasit sepak bola memperkirakan, wasit yang memimpin laga Piala Asia di babak grup seperti Nasrullo Kabirov menerima gaji sekitar Rp 40 juta hingga Rp 48 juta setiap pertandingan.

Nominal ini bisa terus meningkat jika wasit atau Nasrullo Kabirov nantinya kembali dipercaya untuk memimpin pertandingan di fase gugur.

Selain itu, dikutip dari refsports.com, para wasit yang ditunjuk bertugas di Piala Asia tidak hanya mendapatkan gaji. Mereka juga mendapat tunjangan harian, biaya perjalanan, dan tunjangan akomodasi.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #wasit #nasrullo #kabirov #terima #juta #usai #pimpin #laga #timnas #indonesia #qatar

KOMENTAR