2 Fakta Bocornya Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat Hadapi UEA, Jadi Masalah Jelang Piala Asia U-23?
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman (kiri) melakukan selebrasi bersama Marselino Ferdinan usai mencetak gol ke gawang Uni Emirat Arab (UEA) U-23 dalam laga uji coba di Sevens Stadium, Dubai, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. [Dok. Timnas Indonesia]
16:36
9 April 2024

2 Fakta Bocornya Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat Hadapi UEA, Jadi Masalah Jelang Piala Asia U-23?

Asisten pelatih timnas Indonesia U-23, Nova Arianto mengekspresikan kekecewaannya melalui media sosial perihal bocornya starting XI Garuda Muda saat menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) U-23, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB.

Ia tampak frustrasi karena susunan pemain timnas Indonesia U-23 yang beruji coba UEA di Sevens Stadium, Dubai bocor ke media sosial.

Padahal, pertandingan tersebut diadakan secara tertutup demi menjaga kerahasiaan taktik maupun komposisi pemain yang digunakan kedua tim jelang Piala Asia U-23 2024.

Setidaknya terdapat dua fakta menarik dari bocornya starting XI Timnas Indonesia U-23. Berikut ulasannya.

1. Dugaan Awal Kebocoran

Witan Sulaeman saat membela Timnas Indonesia U-23 di laga uji coba melawan Arab Saudi, 5 April 2024 (pssi.org)Witan Sulaeman saat membela Timnas Indonesia U-23 di laga uji coba melawan Arab Saudi, 5 April 2024 (pssi.org)

Sumber dari mana starting XI Timnas Indonesia U-23 bisa bocor sejauh ini belum diketahui, tetapi ada satu hal menarik yang perlu dicatat.

Diduga, bocornya starting line up timnas Indonesia U-23 Vs UEA berasal dari akun Instagram Raphael Maitimo, yang sedang berada di UEA.

Pemain keturunan Belanda-Indonesia itu baru-baru ini telah mengunggah kegiatan timnas Indonesia U-23 yang tengah menjalani TC di Dubai.

Baru-baru ini, Maitimo memposting momen di akun Instagram pribadinya yang menunjukkan dirinya sedang menyaksikan pertandingan uji coba timnas Indonesia U-23 Vs UEA.

Dalam posting tersebut, tampak jelas postur badan pemain yang memperlihatkan starting line up timnas Indonesia U-23 .

Nama-nama seperti Rizky Ridho, Ernando Ari, Ivar Jenner, Pratama Arhan, dan Rafael Struick diyakini bermain sejak awal.

Bahkan, kapten timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho, terlihat memimpin tim.

Instagram stories Raphael Maitimo pun menjadi viral dan diunggah oleh sejumlah akun media sosial.

2. Mengibaratkan Layaknya Peperangan

Nova Arianto (kiri) dan Shin Tae-yong (kanan). (Instagram/novaarianto30)Nova Arianto (kiri) dan Shin Tae-yong (kanan). (Instagram/novaarianto30)

Nova Arianto merasa kesal karena starting line up timnas Indonesia U-23 bocor meskipun pertandingan berlangsung tertutup.

Ini sangat disayangkan karena merupakan persiapan terakhir sebelum tim berkompetisi di Piala Asia U-23 2024.

"Terkadang belum dipahami pentingnya pertandingan tertutup. Kami dari tim pelatih timnas U-23 Indonesia merasa kecewa karena beberapa media telah mengungkap starting line up dan tinggi badan pemain."

"Ini seperti membocorkan kekuatan kami sebelum bertempur. Semoga situasi ini dapat lebih dipahami," ujar Nova Arianto.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fakta #bocornya #starting #timnas #indonesia #saat #hadapi #jadi #masalah #jelang #piala #asia

KOMENTAR