Bung Towel Terbukti Bukan Anti Naturalisasi, Cuma Anti Shin Tae-yong
Komentator atau pengamat sepak bola, Bung Towel. [Youtube/GOCEK BUNGTOWEL]
06:06
5 April 2024

Bung Towel Terbukti Bukan Anti Naturalisasi, Cuma Anti Shin Tae-yong

Pengamat sepak bola Indonesia, Tommy Welly atau biasa disapa Bung Towel, membuktikan dirinya bukan sosok yang anti naturalisasi melainkan hanya anti Shin Tae-yong.

Hal tersebut terlihat dalam video singkat di media sosial TikTok saat Bung Towel berbincang-bincang dalam sebuah acara yang digagas Sport77 dan dipandu oleh Mamat Alkatiri serta Riphan Pradipta.

Dalam video yang diunggah akun @vidioasistenrusak, Bung Towel mendapat tantangan untuk membentuk Starting XI Timnas Indonesia jika ia menjadi pelatih.

Siapa sangka, Bung Towel memilih nama-nama yang kerap membela Timnas Indonesia dan merupakan para pemain andalan Shin Tae-yong.

Bahkan, formasi yang dipilih oleh pria kelahiran Bandung tersebut juga formasi yang biasa digunakan Shin Tae-yong kala melatih Timnas Indonesia, yakni 3-4-3.

Nama-nama pemain naturalisasi yang dipilihnya dalam Starting XI itu adalah Jordi Amat, Jay Idzes, Ivar Jenner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick.

Adanya enam pemain keturunan atau naturalisasi di Starting XI pilihannya membuktikan bahwa Bung Towel tak anti naturalisasi seperti yang disangkakan banyak pihak.

Sebagai informasi, label anti naturalisasi pada Bung Towel tak lepas dari kritikan tajamnya atas banyaknya pemain naturalisasi di Timnas Indonesia.

Namun, label itu seperti terpatahkan saat Bung Towel memilih total enam pemain keturunan atau naturalisasi dalam Starting XI Timnas Indonesia pilihannya.

Meski membuktikan dirinya tidak anti naturalisasi, Bung Towel justru malah memperlihatkan dirinya anti Shin Tae-yong.

Kerap Kritisi Shin Tae-yong

Dalam setahun terakhir, Bung Towel memang kerap menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air karena kritikan tajam yang kerap diberikannya ke Shin Tae-yong.

Kritikan tajam itu hadir dalam setiap momen, termasuk saat Shin Tae-yong mencetak sejarah dengan membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya.

Sebelum itu, pria berusia 53 tahun itu juga mengkritik Shin Tae-yong entah soal pemilihan pemain untuk Timnas Indonesia hingga taktik yang diterapkannya.

Bahkan saat Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 lalu, Bung Towel tak segan menyebut kemenangan itu merupakan sebuah keberuntungan.

Meski kerap memberikan kritikan, staf kepelatihan Shin Tae-yong tampaknya tak ambil pusing. Hal ini diutarakan oleh Yoo Jae-hoon selaku asisten pelatih asal Korea Selatan itu.

Beberapa waktu lalu, Yoo Jae-hoon menyebutkan bahwa kritikan Bung Towel terhadap Shin Tae-yong adalah opini pribadi sang pandit.

Sehingga, kritik-kritik dari Bung Towel untuk Timnas Indonesia tersebut tak menjadi masalah bagi Shin Tae-yong dan staf kepelatihannya.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #bung #towel #terbukti #bukan #anti #naturalisasi #cuma #anti #shin #yong

KOMENTAR