Profil Velizar Popov, Sebut Pemain Naturalisasi Indonesia Tak Lebih Bagus dari Pemain Vietnam
Pelatih Myanmar U-22 Velizar Popov (kiri) dalam acara konferensi pers jelang SEA Games 2019 Filipina di Manila, Minggu (24/11). [AFP/Ted Aljibe]
15:06
28 Maret 2024

Profil Velizar Popov, Sebut Pemain Naturalisasi Indonesia Tak Lebih Bagus dari Pemain Vietnam

Giliran mantan pelatih Myanmar U-23, Velizar Popov, yang angkat suara soal proyek naturalisasi di tubuh Timnas Indonesia.

Ia menilai pemain naturalisasi Indonesia tidak lebih bagus dari pemain Timnas Vietnam. Timnas Indonesia kini diperkuat beberapa pemain keturunan. Mulai dari Jordi Amat, Sandy Walsh, Justin Hubner, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick.

Terbaru, Timnas Indonesia akan diperkuat oleh Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Keduanya sudah bisa bermain melawan Vietnam pada Selasa (26/3/2024).

Pelatih klub Vietnam Thanh Hoa FC itu sebelum pertandingan Vietnam vs Indonesia, menilai bahwa kualitas pemain keturunan Indonesia tak lebih bagus dari pemain Vietnam.

"Kelompok naturalisasi ini mungkin memiliki dampak di masa depan, tetapi untuk saat ini, mereka tidak lebih unggul dari pemain Vietnam," kata Velizar Popov, dilansir dari Soha.

Namun, Velizar Popov tampaknya harus menarik kata-katanya. Pasalnya, Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan telak 3-0 atas Vietnam. Pemain keturunan Thom Haye mengemas assist, Ragnar Oratmangoen mencetak gol solo run, dan Jay Idzes gol via tandukan.

Lantas, siapa sebetulnya Velizar Popov ini?

Profil Velizar Popov

Velizar Popov adalah sosok pelatih segudang pengalaman yang berasal dari Bulgaria. Ia tercatat lahir di Plovdiv, 7 Februari 1976. Mantan pemain profesional ini sudah mengantongi lisensi UEFA Pro.

Selama masih aktif bermain, Velizar Popov sempat bermain untuk Lokomotiv Plovdiv, Hebar Pazardzhik, dan Spartak Plovdiv.

Karier kepelatihan Velizar Popov sudah cukup panjang, sekitar 20 tahun. Dia mengawali kiprahnya di pinggir lapangan dengan menjadi pelatih junior di klub Bulgaria, Spartak Plovdiv, pada 1999–2002.

Dia juga pernah menangani klub asal Bulgaria (Cherno More), Denmark (FC Liberika), hingga Moldova (FC Costuleni).

Hingga saat ini, Popov sudah pernah melatih lebih dari 10 negara di tujuh negara. Sebagian besar karier kepelatihannya berlangsung di Asia.

Popov pernah bikin sejarah dengan meraih tiga gelar semusim dengan rekor 100% kemenangan. Saat itu, New Radiant SC sukses memenangi Dhivehi League 2013, Maldives FA Cup 2013, dan Maldivian FA Charity Shield 2013.

Selain berkiprah di level klub, Velizar Popov juga pernah dua kali bekerja sebagai pelatih tim nasional, yakni bersama timna Maldives dan timnas Myanmar.

Kini Velizar Popov melatih di Liga Vietnam bersama Dong A Thanh Hoa. Musim 2023 lalu ia membawa klubnya juara Piala Super Vietnam dan Piala Nasional Vietnam 2023.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #velizar #popov #sebut #pemain #naturalisasi #indonesia #lebih #bagus #dari #pemain #vietnam

KOMENTAR