1 Langkah Lagi Rekor Buruk 20 Tahun Timnas Indonesia Atas Vietnam Pecah!
Selebrasi pemain timnas Indonesia setelah bobol gawang Vietnam (pssi.org)
14:12
22 Maret 2024

1 Langkah Lagi Rekor Buruk 20 Tahun Timnas Indonesia Atas Vietnam Pecah!

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia baru-baru ini berhasil mencapai kemenangan tipis melawan Vietnam dengan skor 1-0 dalam pertandingan ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, memiliki tekad bulat untuk membawa Tim Merah Putih meraih kemenangan perdana di markas Vietnam setelah 20 tahun berlalu tanpa meraihnya.

Meskipun demikian, kemenangan ini harus segera diabaikan oleh timnas Indonesia karena mereka akan segera menghadapi Vietnam kembali dalam pertandingan keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) saat pertandingan melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) saat pertandingan melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024), dan dihadapi dengan beban berat oleh timnas Indonesia, mengingat catatan buruk mereka selama dua dekade terakhir ketika bertandang ke Vietnam.

Terakhir kali Indonesia meraih kemenangan di kandang Vietnam adalah pada Piala AFF 2004, yang saat itu dikenal sebagai Tiger Cup.

Pada pertandingan Grup A Piala AFF 2004 di Stadion My Dinh pada tanggal 11 Desember 2004, timnas Indonesia menang dengan skor 3-0 atas Vietnam, dengan gol-gol dicetak oleh Muhammad Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma.

Shin Tae-yong Ingin Menang di Kandang Vietnam

Pelatih asal Korea Selatan tersebut berkomitmen untuk mengakhiri rentetan hasil buruk ketika bertanding di Vietnam.

Semangat bertanding para pemain timnas Indonesia melawan Vietnam juga tengah meningkat, terutama setelah meraih kemenangan melawan mereka dalam pertandingan Grup D Piala Asia 2023 beberapa waktu yang lalu.

"Memang benar bahwa timnas Indonesia belum pernah memenangkan pertandingan di Hanoi," ungkap Shin Tae-yong.

"Saya bertekad untuk membuktikan bahwa kami mampu meraih kemenangan di leg kedua nanti di Hanoi."

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #langkah #lagi #rekor #buruk #tahun #timnas #indonesia #atas #vietnam #pecah

KOMENTAR