Jarang Main di Klub, 3 Pemain Ini Justru Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia
Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)
10:24
8 Maret 2024

Jarang Main di Klub, 3 Pemain Ini Justru Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Shin Tae-yong tetap memanggil tiga pemain ini ke timnas Indonesia, meski tidak mendapatkan banyak kesempatan bermain di klubnya masing-masing. Siapa saja mereka?

PSSI telah merilis 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Banyak nama-nama andalan yang merupakan jebolan skuad Piala Asia 2023 lalu.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa nama baru. Mereka adalah pemain keturunan yang sedang merampungkan proses naturalisasi.

Kendati begitu, tiga dari 28 nama yang dipanggil juru taktik asal Korea Selatan ini ternyata tidak mendapatkan banyak kesempatan tampil di klub. Berikut daftarnya

1. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain Swansea City yang dipinjamkan ke SC Heerenveen. Namun, di klub barunya itu pemain berusia 22 tahun ini masih belum menjadi pilihan utama.

Sebab Nathan sendiri hanya bermain sekali bersama SC Heerenveen usai dipinjam pada Januari 2024 lalu. Ia hanya tampil ketika timnya melawan Ajax Amsterdam.

Di pertandingan lain, Nathan lebih banyak duduk di bangku cadangan. Nasibnya beda dengan Thom Haye yang merupakan pemain andalan SC Heerenveen.

Adapun Nathan Tjoe-A-On sendiri harus menjalani sumpah WNI terlebih dahulu agar bisa membela timnas Indonesia. Sebab, namanya masuk panggilan Shin Tae-yong.

2. Rafael Struick

Diketahui, Rafael Struick adalah pemain ADO Den Haag. Sayangnya ia belum mendapatkan banyak kesempatan di tim utama.

Statistiknya bersama tim utama ADO Den Haag hanya empat pertandingan saja. Ia lebih sering dimainkan di tim U-21.

Walau demikian, penyerang berusia 20 tahun ini justru menjadi andalan Shin Tae-yong. Buktinya di Piala Asia 2023 lalu, Struick selalu starter untuk mengisi lini serang skuad Garuda.

3. Pratama Arhan

Sosok Pratama Arhan juga mendapatkan panggilan Shin Tae-yong, meski dirinya tidak banyak main di klub. Sebelumnya di Tokyo Verdy, pemain asal Blora ini jarang bermain.

Akan tetapi, Shin Tae-yong tetap memercayakan posisi bek kiri kepada suami Azizah Salsha ini. Penampilannya pun cukup baik.

Kini Arhan pindah ke Korea Selatan dengan seragam Suwon FC. Di laga pertama klubnya, bek kiri timnas Indonesia juga tidak masuk dalam skuad.

Editor: Arif Budi

Tag:  #jarang #main #klub #pemain #justru #dipanggil #shin #yong #timnas #indonesia

KOMENTAR