Hasil Lengkap Final Indonesia IC 2024: Sabet 3 Gelar, Tuan Rumah Juara Umum di Surabaya
Indonesia menjadi juara umum Indonesia IC 2024 di Surabaya, Jawa Timur dengan torehan tiga gelar dan dua runner-up. (Dok: PBSI)
21:16
27 Oktober 2024

Hasil Lengkap Final Indonesia IC 2024: Sabet 3 Gelar, Tuan Rumah Juara Umum di Surabaya

 

 - Rangkaian turnamen Indonesia International Challenge (IC) 2024 di Surabaya, Jawa Timur telah berakhir. Indonesia selaku tuan rumah sukses keluar sebagai juara umum dengan menyabet tiga gelar dan dua runner-up.

Kepastian ini didapat setelah lima partai final Indonesia IC 2024 yang digelar di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu (27/10). 

Tiga gelar Indonesia itu dipersembahkan para wakil Merah Putih dari nomor ganda. Yakni Jafar Hidayatullah/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu (ganda campuran), Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), dan Yeremia Erich Yotje Yacob Rambitan/Rahmat Hidayat (ganda putra).

Jafar/Felisha jadi wakil Indonesia pertama yang naik podium tertinggi. Duet nomor 97 dunia itu meraih kemenangan dua gim langsung atas rekan senegara, Amri Syahnawi/Nita Violina Marwah dengan skor 21-13, 21-15 untuk meraih gelar juara.

Raihan gelar juara di hadapan publik Kota Pahlawan membuat Jafar/Felisha kembali berjaya pada ajang Indonesia IC 2024. Mereka sebelumnya juga mampu jadi juara dalam ajang dengan level yang sama di Pekanbaru pada Agustus lalu.

Menariknya, kala itu Jafar/Felisha juga naik podium tertinggi seusai mengalahkan rekan satu negaranya. Yakni Adnan Maulana/Indah Cahya dengan skor 21-18, 21-10.

Raihan dua gelar juara turnamen level IC membuat Jafar/Felisha makin termotivasi untuk bisa meraih gelar juara pekan depan pada turnamen Indonesia Masters 2024 Super 100.

“Bagi kami gelar juara di sini menjadi batu loncatan untuk pekan depan karena target kami ingin meraih gelar juara turnamen BWF Super 100,” ujar Jafar.

“Menjadi juara pada setiap turnamen yang diikuti menjadi cara kami untuk bisa mengikuti turnamen yang levelnya lebih bergengsi,” kata Felisha menambahkan.

Kemudian gelar kedua diperoleh Lanny/Fadia. Pasangan ganda putri anyar itu tak menemui kendala berarti saat berhadapan dengan pasangan Taiwan, Hung En-Tzu/Hsieh Pei Shan. Mereka menang dalam tempo 32 menit dengan skor 21-9, 21-16, Minggu (27/10) siang.

Keberhasilan Lanny/Fadia juara di Indonesia IC 2024 sebenarnya tak mengherankan. Sebab mereka adalah unggulan pertama dan punya pengalaman di level elite meski baru dipasangkan.

"Tampil di final, kami fokus untuk bisa meraih gelar juara. Pada ajang Indonesia International Challenge 2024 di Surabaya kami ingin memberikan pembuktian bisa meraih gelar juara,” ucap Fadia.

Sementara gelar terakhir yang didapat Indonesia adalah lewat sektor ganda putra atas nama Yeremia/Rahmat. Pasangan ganda putra ranking 57 dunia itu meraih kemenangan atas pasangan Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Wu Guan Xun dengan skor 23-21, 23-21.

Meski menang dua gim, Rahmat/Yeremia mengaku kemenangan itu tidak mudah. Apalagi mereka banyak melakukan kesalahan sendiri selama dua gim hingga bermain selama 39 menit.

“Performa kami tidak begitu baik di laga ini. Banyak kesalahan yang kami buat. Persiapan kami sudah cukup baik di laga ini dan kami juga enggak mau mengalah untuk bisa meraih kemenangan,” kata Rahmat.

Gelar juara turnamen Indonesia IC 2024 di Surabaya menjadi raihan kedua buat Rahmat/Yeremia pada tahun ini. Sebelumnya mereka sempat menjuarai Sri Lanka IC 2024 pada awal tahun ini.

"Gelar juara turnamen Indonesia IC 2024 di Surabaya menambah kepercayaan diri kami. Tentu kami ingin meraih gelar juara di turnamen berikutnya,” tutur Yeremia.

Indonesia sebenarnya sempat punya peluang untuk meraih empat gelar di Indonesia IC 2024 di Surabaya. Sayangnya, wakil Merah Putih lain di final, yakni Mutiara Ayu Puspitasari harus puas menjadi runner up.

Pebulutangkis tunggal putri yang baru mentas di ajang junior itu menyerah dari pemain Thailand, Yataweemin Ketklieng pada partai final dengan skor 21-18, 12-21, 16-21.

Adapun pada sektor tunggal putra, gelar diraih oleh pemain Jepang, Koo Takahashim dia jadi yang terbaik usai mengalahkan rekan satu negaranya, Riku Hatano dengan skor 21-18, 21-11.

Hasil lengkap final Indonesia IC 2024 di Surabaya

Tunggal Putra: Koo Takahashi (Jepang) vs Riku Hatano (Jepang), 21-18, 21-11.

Tunggal Putri: Yataweemin Ketklieng (Thailand) vs Mutiara Ayu Puspitasari (Indonesia), 18-21, 21-12, 21-16.

Ganda Putra: Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia) vs Lu Ching Yao/Wu Guan Xun (Chinese Taipei), 23-21, 23-21.

Ganda Putri: Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) vs Hung En-Tzu/Hsieh Pei Shan (Chinese Taipei), 21-9, 21-16.

Ganda Campuran: Jafar Hidayatullah/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu (Indonesia) vs Amri Syahnawi/Nita Violina Marwah (Indonesia), 21-13, 21-15.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #hasil #lengkap #final #indonesia #2024 #sabet #gelar #tuan #rumah #juara #umum #surabaya

KOMENTAR